Hubungan Gaya Belajar dengan Indeks Prestasi Semester Mahasiswa Prodi DIV Jurusan Kebidanan di Poltekkes Kemenkes Palu

Arie Maineny

Abstract


Setiap mahasiswa memiliki cara yang berbeda dalam memahami dan menyerap suatu informasi yang didapatkan, Perbedaan tersebut dapat dipengaruhi oleh gaya belajar. Hasil perhitungan nilai indeks prestasi semester mahasiswa tingkat III Prodi DIV Kebidanan menunjukkan nilai indeks prestasi ditiap semesternya berfluktuasi, dan hasil wawancara kebanyakan mahasiswa menggunakan cara belajar dengan sistem hafalan. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya Hubungan Gaya Belajar dengan Indeks Prestasi Semester.Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional, tehnik pengambilan sampel stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 42 responden, analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi square. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa hubungan gaya belajar dengan indeks prestasi semester diperoleh nilai p=0.459. Gaya belajar paling banyak digunakan oleh responden adalah gaya belajar auditorial. Kategori indeks prestasi semester paling banyak dimiliki oleh responden adalah indeks prestasi yang berkisar antara 2.75-3.50 yaitu sebesar 90,5%. Kesimpulan tidak terdapat hubungan gaya belajar dengan indeks prestasi semester. Saran untuk peneliti selanjutnya lakukan penelitian gaya belajar dengan menggunakan sampel yang lebih besar dan lakukan penelitian terhadap faktor lain yang mempengaruhi indeks prestasi mahasiswa.


References


Baharuddin H, Wahyuni NE. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz media; 2015

Kementerian Kesehatan. Kurikulum Inti Diploma IV Kebidanan. Jakarta: Badan pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan; 2014

Gilakjani, Pourhossein A. Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Style and Their Impact on english Language Teaching. Journal of Studies in education 2012 Feb 1; 2(1): 104-113

Porter B, Hernacki M. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa; 2014

Wulandari R. Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi DIV Kebidanan. (Skripsi). Surakarta: Prodi DIV Kebidanan Universitas Sebelas Maret; 2011.

Rahmawati E. Hubungan Gaya Belajar dengan Pencapaian Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa fakultas kedokteran. (Skripsi). Lampung: Fakultas Kedokteran Universitas Lampung; 2016.

Subini, Rini. Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak. Jogjakarta: Javalitera. 2017.

Hardiansyah. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. (Skripsi). Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.33860/jbc.v2i2.164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bidan Cerdas (JBC)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.