Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor yang memengaruhi kelulusan pada uji kompetensi bidan dan memperoleh instrumen baku berdasarkan hasil studi eksploratif yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Desain penelitian yang dipergunakan adalah mixed methods dengan strategi sequential exploratory. Eksplorasi faktor dilakukan melalui analisis tematik dan untuk memperoleh instrumen yang valid dan reliable dilakukan melalui analisis dengan menggunakan rasch model. Subyek penelitian adalah 6 alumni yang tidak lulus uji kompetensi, 3 alumni yang lulus uji kompetensi, dan 3 dosen D III di Jurusan kebidanan Poltekkes Kemenkes Palu. Hasil eksplorasi yang diperoleh menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi kelulusan mahasiswa pada uji kompetensi bidan dari diri mahasiswa yaitu minat dan motivasi belajar yang sangat rendah, kurang percaya diri, ketelitian dalam mengisi lembar jawaban komputer dan ketidakjujuran selama proses pendidikan. Kesimpulan, tingkat kelulusan mahasiswa pada uji kompetensi masih rendah dikarenakan rendahnya motivasi dan minat belajar mahasiswa, ketidakjujuran dalam membuat laporan dan belum ada bimbingan belajar khusus menghadapi uji kompetensi. Disarankan Dosen agar memotivasi mahasiswa untuk belajar dan menfasilitasi mahasiswa dalam menghadapi uji kompetensi

Keywords

Mutu lulusan uji kompetensi

Article Details

How to Cite
Hadina, Mardiani Mangun, Jusuf S Effendi, & Hadi Susiarno. (2020). FAKTOR YANG MEMENGARUHI TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA D-III KEBIDANAN PADA UJI KOMPETENSI DI POLTEKKES KEMENKES PALU. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 12(1), 34-44. https://doi.org/10.33860/jik.v12i1.12

References

  1. Wong H. There Is Only One Way To Improve Student Achievement. 2011; Available from: http://www.newteacher.com/pdf/only1way.pdf
  2. 2. Stronge JH, Ward TJ, Tucker PD, Hindman JL. What is the Relationship Between Teacher Quality and Student Achievement? An Exploratory Study. J Pers Eval Educ. 2007 Dec;20(3–4):165–84.
  3. 3. Yigzaw T, Ayalew F, Kim Y-M, Gelagay M, Dejene D, Gibson H, et al. How well does pre-service education prepare midwives for practice: competence assessment of midwifery students at the point of graduation in Ethiopia. BMC Med Educ [Internet]. 2015 Dec [cited 2018 Nov 21];15(1). Available from: http://bmcmededuc.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12909-015-0410-6
  4. 4. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. 2016.
  5. 5. Hakimzadeh R, Ghodrati A, Karamdost N, Ghodrati H, Mirmosavi J. Factors Affecting the Teaching-Learning in Nursing Education. Am Res J Nurs [Internet]. 2015 [cited 2018 Nov 21]; Available from: https://www.arjonline.org/papers/arjn/v1-i4/2.pdf
  6. 6. Lee I-C. The Effect of Learning Motivation, Total Quality Teaching and Peer-Assisted Learning on Study Achievement: Empirical Analysis from Vocational Universities or Colleges’ students in Taiwan. 2010;6(2):18.
  7. 7. Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta; 2011.
  8. 8. Slameto D. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.
  9. 9. Baswedan AR. Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia [Internet]. Silaturahmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kepala Dinas Pendidikan Se-Indonesia; 2014; Jakarta. Available from: https://pendidikan.kulonprogokab.go.id/files/Paparan%20Materi%20Pendidikan%20di%20Indonesia.pdf
  10. 10. Brunstad A, Giske T, Hjälmhult E. How midwifery students experience learning conditions in labor wards. J Nurs Educ Pract [Internet]. 2016 Jan 28 [cited 2018 Nov 21];6(4). Available from: http://www.sciedupress.com/journal/index.php/jnep/article/view/8149
  11. 11. Inayah R, Martono T, Sawaji H. Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. J Pendidik Insan Mandiri [Internet]. 2013;1(1). Available from: https://media.neliti.com/media/publications/13843-ID-pengaruh-kompetensi-guru-motivasi-belajar-siswa-dan-fasilitas-belajar-terhadap-p.pdf