Main Article Content

Abstract

Karakter disiplin anak merupakan hal yang harus dibentuk sejak dini. Orang tua berperan utama dalam membentuk karakter disiplin pada anak, karenanya orang tua harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk melakukannya. Parenting skill merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk dapat meningkatkan pengetahuan orang tua tentang pembentukan karakter disiplin pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian analitik eksperimental dengan desain pretest and posttest without control group. Sampel yang diteliti sejumlah 41 ibu yang memiliki anak uia prasekolah terpilih menjadi responden dengan pengumpulan data sebanyak dua kali untuk mengetahui pengetahuan orang tua tentang pembentukan karakter disiplin pada anak preschool. Hasil uji wilcoxon rank test didapatkan adanya peningkatan nilai pengetahuan orang tua tentang pembentukan karakter disiplin pada anak sebelum dan sesudah diberikan pelatihan parenting skill (nilai p: 0.0001). perlu dilakukan upaya-upaya pemberian edukasi teknik parenting skill kepada orang tua untuk lebih meningkatkan pemahaman orang tua tentang pembentukan karakter disiplin pada anak, sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan memiliki karakter disiplin yang kuat.

Keywords

Parenting Skill disiplin anak prasekolah

Article Details

How to Cite
Setiadi, R., Gandini, A. L. A., & Kalsum, U. (2020). Parenting Skill Meningkatkan Pengetahuan Orangtua tentang Pembentukan Karakter Disiplin Anak Prasekolah: Parenting Skill Increase Parents Knowledge about The Formation of Children’s Discipline Characters. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 14(1), 18-23. https://doi.org/10.33860/jik.v14i1.41

References

  1. Tridhonanto A. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Gramedia; 2014.
  2. Batubara J. Pengembangan Karakter Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 2015;3(1):1.
  3. Hapsari II. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Gramedia; 2016. 342 p.
  4. Yaumi M. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group; 2014.
  5. Indrijati H. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Prenada Media Group; 2016.
  6. Global Report. Ending Violence in Childhood [Internet]. 2017 [cited 2019 Aug 7]. Available from: http://globalreport.knowviolenceinchildhood.org
  7. KPAI. Maraknya Kasus Kekerasan pada Anak [Internet]. 2018 [cited 2019 Aug 7]. Available from: http://www.kpai.go.id
  8. KPAID. Kekerasan Anak Masih Ada. 2017; Available from: http://kaltim.prokal.co/read/news/317590-kekerasan-anak-masih-ada.html
  9. Kalsum FY, Ervina I. Hubungan Parenting Skill dalam Melatih Disiplin Anak terhadap Motivasi Belajar Siswa di SD YIMA Bondowoso. Universitas Muhammadiyah Jember; 2019.
  10. Ihsani N, Kurniah N, Suprapti A. Hubungan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia. 2018;3(1):50–5.
  11. Fatmah NA. Pola Penerapan Disiplin Anak Usia Dini di TK Kamala Bhayangkari 05 Sleman. Universitas Islam Negeri SUnan Kalijaga Yogyakarta; 2017.
  12. Fitri A. AN, Jubaedah Y, Ningsih MP. Peran Orang Tua Dalam Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Prasekolah Melalui Pembiasaan Di Kelurahan Cihaurgeulis Bandung. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. 2017;2(2):81–91.
  13. Erlanti MS, Mulyana N, Wibowo H. Teknik Parenting Dan Pengasuhan Anak Studi Deskriptif Penerapan Teknik Parenting Di Rumah Parenting Yayasan Cahaya Insan Pratama Bandung. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 2016;3(2):155–291.
  14. Setijaningsih T, Matiningsih W. The Effect of Parenting Program Towards Knowledge and Attitude of Parents for Giving Fundamental Needs of Children in Early Age. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery). 2014;1(2):129–34.
  15. Gaveni N. Pelaksanaan program parenting bagi orangtua dalam menumbuhkan perilaku keluarga ramah anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah [Internet]. 2012;9(2):1–11. Available from: https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/5425
  16. Setyowati YD, Krisnatuti D, Hastuti D. Pengaruh Kesiapan Menjadi Orang Tua dan Pola Asuh Psikososial Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 2017;10(2):95–106.
  17. Maryam S. Gambaran Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Ibu pada Anak Usia Dini di Gampong Pante Gajah Kecamatan Matang Glumpang Dua Kabupaten Bireuen. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies. 2017;3(2):67–76.
  18. Pramudianti DC, Raden A, Suryaningsih EK. Hubungan tingkat pendidikan formal dengan parenting self-efficacy periode awal nifas pada ibu pasca sectio caesarea. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah. 2018;13(1):34–41.