Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Postpartum atau masa nifas adalah masa yang dimulai setelah kelahiran plasenta dan berakhir saat alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil. Salah satu permasalahan pada ibu postpartum adalah inkontinensia urin. Inkontinensia urine merupakan ketidakmampuan seseorang untuk menahan keluarnya urine. Kegel exercise adalah tindakan non farmakologi yang dapat digunakan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pemberian intervensi kegel exercise terhadap inkontinensia urin pada ibu postpartum di Wilayah Kerja Puskesmas Gedong Air Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Penelitian ini melibatkan dua partisipan yaitu dua ibu postpartum. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar kuesioner International Consultant Incontinence Questionnaire-Urine Incontinence Short Form (ICIQ-UISF). Hasil penelitian menunjukkan pada partisipan pertama tidak terjadi inkontinensia urin di hari keenam dan partisipan kedua tidak mengalami inkontinensia urin pada hari ketujuh. Berdasarkan hasil penelitian didapakan hasil bahwa teknik kegel exercise dapat direkomendasikan untuk mencegah terjadinya inkontinensia urin pada ibu postpartum. Saran: Direkomendasikan latihan kegel exercise pada ibu postpartum dapat diberikan untuk mencegah atau mengatasi inkontinensia urin.

Keywords

postpartum Inkontinensia urine Kegel exercise

Article Details

References

  1. Prawirohardjo S. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Neonatal. Jakarta: PT Bina Pustaka; 2014.
  2. Utami H, Suparni S, Ersila W. Waktu Pertama Buang Air Kecil (BAK) Pada Ibu Postpartum Yang Dilakukan Bladder Training. J Ilm Kesehat. 2014;6(1):96717.
  3. Purnomo B. Dasar-Dasar Urologi. 3rd ed. Jakarta: CV Sagung Seto; 2012.
  4. Fakhrizal E, Maryuni SW. Inkontinensia Urin Pascapersalinan dan Faktor-Faktor Risiko yang Memengaruhinya. J Ilmu Kedokt. 2017;10(2):98.
  5. Kurniati CH, Wulan IS, Hikmawati I. Analisis Pengetahuan Dan Tindakan Senam Kegel Terhadap Penyembuhan Luka Perineum Pada Ibu Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Purwokerto Selatan. Pharmacy. 2014;11(01):26–39.
  6. Rahmawati I, Putri RL. Pengaruh Senam Kegel Terhadap Tingkat Inkontinensia Urin Pada Wanita Pasca Melahirkan. Indonesian Journal Nursing Health Science. 2018;3(October):66–9.
  7. Karjoyo JD, Pangemanan D, Onibala F. Pengaruh Senam Kegel Terhadap Frekuensi Inkontinensia Urine Pada Lanjut Usia Di Wilayah Kerja Puskesmas Tumpaan Minahasa Selatan. J Keperawatan UNSRAT. 2017;5(1):107046