Pengaruh Edukasi Melalui Video Terhadap Pengetahuan Parenting Orang Tua Anak tentang Pencegahan Covid 19 Di Kelurahan Menteng

https://doi.org/10.33860/jik.v16i2.1418

Authors

  • Widya Warastuti Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Palangka Raya, Indonesia
  • Nang Randu Utama Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Palangka Raya, Indonesia

Keywords:

Video Pencegahan Covid, Edukasi, Teori Modeling, Parenting

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan orang tua tentang pencegahan covid setelah edukasi dengan media video. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan Control Group Design yang dilakukan Puskesmas Menteng dengan memberikan perlakuan kepada kelompok eksperimen pada orang tua sebanyak 30 orang yang diedukasi melalui media video dan kelompok kontrol adalah orang tua diberikan edukasi dengan leaflet sejumlah 30 responden. Analisis data yaitu Uji t-dependen dan Uji t-independen dengan tingkat signifikansi p < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan edukasi menggunakan video terdapat peningkatan nilai rata-rata pengetahuan parenting orang tua tentang pencegahan covid yaitu dari 50,7 menjadi 67,4 dengan nilai P value = 0,000 <α 0,05. Hal yang sama terjadai pada kelompok kontrol yaitu terdapat juga peningkatan nilai rata-rata pengetahuan setelah edukasi dengan metode leaflet yaitu dari 47,8 menjadi 59,8 dan nilai P value = 0,000 <α 0,05. Kemudian, hasil analisis perbedaan nilai rata-rata antara kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan nilai p = 0.008 dimana nilai rata-rata atau mean 67,4 ± 10,809 (kelompok eksperimen) dan 59,8 ± 10,605 (kelompok kontrol). Kesimpulan yaitu edukasi kesehatan melalui video tentang parenting orang tua anak mengenai pencegahan covid memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode leaflet kepada orang tua anak di Kelurahan Menteng.

References

Karuniawati NS. 3M Untuk Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19 [Internet]. 2020 [cited 2022 Aug 15]. Available from: https://dinkes.kulonprogokab.go.id/detil/785/3m-untuk-memutus-mata-rantai-penularan-covid-19

Suni NSP. Tingginya Kasus Aktif dan Angka Kematian Akibat Covid-19 Di Indonesia. Info Singkat, Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis. 2021;8(3):13–8.

Budiarti A, Arini D, Hastuti P, Ernawati D, Saidah QI, Fatimawati I, et al. Edukasi Kesehatan Pencegahan Covid-19 Dalam Perubahan Pengetahuan Masyarakat Kalipecabean Sidoarjo. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2021 May 25;1(2):213–8.

Widodo B. Pendidikan Kesehatan dan Aplikasinya Di SD/MI. Madrasah. 2014;7(1):89–100.

Pakpahan M, Siregar D, Susilawaty A, Tasnim. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Medan: Yayasan Kita Menulis; 2021. 168 p.

Clark RC, Mayer RE. E-learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. Fourth edition. Hoboken: Wiley; 2016. 1 p.

Maulana. Promosi kesehatan. Jakarta: EGC; 2009.

Yanti NPED, Nugraha IMADP, Wisnawa GA, Agustina NPD, Diantari NPA. Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Covid-19 Dan Perilaku Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa. 2020;8(3):485–90.

Oktiawati A, Rustina Y, Chodidjah S. Edukasi Berbasis Video Meningkatkan Pengetahuan Dan Motivasi Perawat Dalam Melakukan Asuhan Perkembangan Pada BBLR. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. 2017 Oct 31;6(2):26–31.

Bodjrenou FSU, Hounkpatin WA, Mitchodigni I, Salako V, Kakaï RG, Dadélé Y, et al. Comparing video and poster based education for improving 6-17 months children feeding practices: a cluster randomized trial in rural Benin: Video versus Poster in nutritional education. Progr Nutr. 2020 Mar 10;22(1):330–42.

Aeni N, Yuhandini DS. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI. Jurnal Care. 2018;6(2):162–74.

Khatimah H. Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh. 2018 Dec 1;16(1):119–38.

Cahyono AS. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. 1. 2016;9(1):140–57.

Rohani GA. Pengaruh Televisi (TV) Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun. JPA [Internet]. 2015 Dec 19 [cited 2022 Aug 20];4(2). Available from: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12355

Wijayanti R, Lestari AP, Fatiha CN. Peningkatan Pengetahuan Melalui Edukasi Covid-19 Dan Upaya Pemutusan Mata Rantai Penularannya Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar. Dinamika Journal. 2021;3(1):1–7.

Khodijah K, Itsna IN, Oktiawati A. Edukasi Pencegahan Covid-19 Berbasis Video bagi Remaja di Rumah Yatim Bina Anak Sholeh. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK). 2021 Jan 10;3(1):10–7.

Rohita R. Pengenalan Covid-19 pada Anak Usia Prasekolah: Analisis pada Pelaksanaan Peran Orangtua di Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2020 Jun 13;5(1):315–26.

Rakhmawati I. Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 2015;6(1):1–18.

Aisah S, Ismail S, Margawati A. Edukasi Kesehatan dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia. 2021;5(1):641–55.

Kellams AL, Gurka KK, Hornsby PP, Drake E, Conaway MR. A Randomized Trial of Prenatal Video Education to Improve Breastfeeding Among Low-Income Women. Breastfeeding Medicine. 2018 Dec;13(10):666–73.

Salsabila DP, Putri SAA, Nafia ZI, Yuwono S. Parenting of Parents Working from Home During the Pandemic: Pengasuhan Anak Pada Orang Tua yang Bekerja dari Rumah Saat Pandemi. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology. 2021;1(1):1–6.

Published

2022-08-29

How to Cite

Warastuti, W., & Utama, N. R. . (2022). Pengaruh Edukasi Melalui Video Terhadap Pengetahuan Parenting Orang Tua Anak tentang Pencegahan Covid 19 Di Kelurahan Menteng. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(2), 235–240. https://doi.org/10.33860/jik.v16i2.1418

Issue

Section

Original Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.