Gambaran Tingkat Stress Ibu Terhadap Pembelajaran Daring Saat Masa Pandemi Pada Siswa Kelas II dan II di SDN 23 Poso

Authors

  • Sahril Ramadan S. Patahua Poltekkes Kemenkes Palu
  • Ni Made Ridla Nilasanti Prodi DIII Keperawatan Poso, Poltekkes Kemenkes Palu, Poso Indonesia

Keywords:

stress, pembelajaran daring , sekolah dasar, ibu

Abstract

Latar belakang sejak kasus COVID-19 pertama dilaporkan di Indonesia pada 2 Maret 2020, disertai dengan penutupan sekolah dan peralihan proses pembelajaran secara daring. Banyak orang tua yang tidak siap menjadi guru bagi anaknya di rumah, kondisi ini menimbulkan masalah psikis yang rentan memunculkan stress. Stress yang berkepanjangan dan tidak terkontrol dapat menyebabkan masalah kesehatan, kecemasan, kesulitan tidur hingga depresi pada orang tua yang dapat berujung pada kejadian kekerasan terhadap anak. Metode penelitian secara deskriptif. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran tingkat stress ibu terhadap pembelajaran daring pada siswa kelas I dan II di SDN 23 Poso. Subyek penelitian yaitu sampel dengan mengambil seluruh populasi ibu siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stress yang dirasakan oleh ibu siswa berada pada tingkat stress ringan (25.6%) hingga sedang (20.9%), dimana stress yang terjadi berlangsung beberapa menit sampai beberapa jam yang timbul saat mendampingi anak belajar daring. Separuh dari responden menggambarkan stress yang dialami sebagai stress normal (53.5%), yang merupakan bagian stress yang masih wajar dan secara teratur terjadi dalam kehidupan.

References

Alisma, Y., & Adri, Z. (2021). Parenting Stress Pada Orangtua Bekerja Dalam Membantu Anak Belajar Di Rumah. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(1), 64–74. https://doi.org/10.36269/psyche.v3i1.322

Chairini, N. (2013). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Pengasuhan Pada Ibu Dengan Anak Usia Prasekolah Di Posyandu Kemiri Muka. In Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dodi. (2020). Guru, Siswa, Orang Tua Stres dengan Belajar Online. Kabarcirebon.Com. https://www.kabarcirebon.com/2020/07/22/guru-siswa-orang-tua-stres-dengan-belajar-online

DW. (2020). Apa Artinya Deklarasi “Situasi Darurat Global” dari WHO ? Tempo.Co. https://www.tempo.co/dw/1964/apa-artinya-deklarasi-situasi-darurat-global-dari-who

Erliana, F. (2013). Perbedaan Bentuk Reaksi Stres Mahasiswa Dan Anggota Militer Pada Peserta Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi Sub Korwil-01 Kepulauan Sangihe [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/1736/

Hamarat, E., Thompson, D., Zabrucky, K. M., Steele, D., Matheny, K. B., & Aysan, F. (2001). Perceived Stress and Coping Resource Availability as Predictors of Life Satisfaction in Young, Middle-Aged, and Older Adults. Experimental Aging Research, 27(2), 181–196. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/036107301750074051

Hawari, Prof. Dr. dr. H. D. (2011). Menajemen Stress Cemas dan Depresi ( dr. H. U. SpFk, Ed.; 2nd ed.). Balai Penerbit FKUI.

Ikhsan, A. (2020). Kekerasan Terhadap Anak Meningkat Selama Pandemi, Dosen IPB Jelaskan Penyebabnya. Kompas.Com. https://regional.kompas.com/read/2020/10/14/18175921/kekerasan-terhadap-anak-meningkat-selama-pandemi-dosen-ipb-jelaskan

Li, S., Ye, Z., Du, C., Wei, Q., & He, C. (2020). The residents’ mental health status and community’s role during the COVID-19 pandemic: a community-based cross-sectional study in China. Annals of Translational Medicine, 8(20), 1321–1321. https://doi.org/https://doi.org/10.21037/atm-20-6687

Lisyanti, H., & Wahyuningsih, R. (2020). Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring. Literasi Jurnal Kajian Keislaman Multi-Prefektif, 1(1), 23–48.

Monteiro, N. M., Balogun, S. K., & Oratile, K. N. (2014). Managing stress: The influence of gender, age and emotion regulation on coping among university students in Botswana. In International Journal of Adolescence and Youth (Vol. 19, Issue 2, pp. 153–173). Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/02673843.2014.908784

Palupi, T. N. (2021). Tingkat Stres Ibu Dalam Mendampingi Siswa-Siswi Sekolah Dasar Selama Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. JP3SDM, 10(1), 36–48.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Sabir. (2018). Gambaran Tingkat Stres Dan Profil Tekanan Darah Pada Pasien Sebelum Seksio sessarea di RSU Anutapura Palu. Fakultas Kedoteran Universitas Alkhairaat Palu.

Sihombing, S. J. (2021). Coping stress antara ibu rumah tangga dengan ibu bekerja dalam menghadapi pembelajaran daring. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 10(1), 49–57.

Snoussi, T., & Radwan, A. F. (2020). Distance E-Learning (DEL) and Communication Studies During Covid-19 Pandemic. Utopía Y Praxis Latinoamericana, 25(10), 253–270. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.4155579

Stoetzel, L., & Shedrow, S. (2020). Coaching Our Coaches: How online learning Can Address The Gap in Preparing K-12 Instructional Coaches. Teaching and Teacher Education. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/10.1016/j.tate.2019.102959

Susilowati, E., & Azzasyofia, M. (2020). The parents stress level in facing children study from home in the early of covid-19 pandemic in Indonesia. International Journal of Science and Society, 2(3), 1–12. https://doi.org/10.200609/ijsoc.v2i3.117

Talakua, R. J. (2021). Kekerasan Di Masa Pandemi (A. Rahmawati & W. Udasmoro, Eds.). Fakulitas ILmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Wardana, M. S., & Dinata, I. M. K. (2017). Tingkat Stres Siswa Menjelang Ujian Akhir Semester di SMAN 4 Denpasar. E-Jurnal Medika, 6(11), 116–119.

WHO. (2021). Who Coronavirus Disease (Covid-19) Dashboard. Covid19.Who.Int. https://covid19.who.int/

Windish, L., & Wachob, D. (2017). Homeschooling Parent Stress Levels and Its Association With the Mental and Physical Health of Their Children". Theses and Dissertations (All). 1390. http://knowledge.library.iup.edu/etd/1390 View. The International Journal of Health, Wellness, and Society, 7(3), 11–21. https://doi.org/https://doi.org/10.18848/2156-8960/CGP/v07i03/11-21

Wiranti. (2019). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Orientasi Pola Asuh Anak Usia Dini (Studi Di Ra Al Karimy Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto). PROCEEDINGS: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education (AICIEd), 4(1), 261–270. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/393

Published

2024-05-31

Issue

Section

Original Articles