Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik Terhadap Peningkatan Perkembangan Psikososial Dan Emosi Anak Remaja

The Effect Of Therapeutic Group Therapy On Increasing The Psychosocial And Emotional Development Of Adolescents

https://doi.org/10.33860/mnj.v2i1.440

Authors

  • Arifuddin Arifuddin a:1:{s:5:"en_US";s:23:"Poltekkes Kemenkes Palu";}
  • Helena Pangaribuan Poltekkes Kemenkes Palu

Keywords:

Terapi kelompok, anak remaja, perkembangan psikososial dan emosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentiifikasi pengaruh terapi kelompok terapeutik terhadap peningkatan perkembangan psikososial dan emosi, hal ini dilakukan dengan melihat perubahan perkembangan psikososial sebelum dan sesudah dilakukan terapi kelompok terapeuti pada kelompok perlakuan serta menganalisis perbedaan perkembangan psikososisal emosi antara kelompok intervensi yang diberikan terapi kelompok terapeutik dan kelompok kontrolTerapi kelompok adalah suatu bentuk terapi dimana sekelompok klien bertemu secara bersama-sama dengan seorang terapis (Nevid, Rathus, & Greene, 2008). Terapi kelompok terapeutik adalah terapi yang fokus utamanya untuk mencegah gangguan dengan cara mengajarkan cara yang efektif untuk mengatasi stres emosional pada satu situasi atau krisis perkembangan, ( Townsend, 2014). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen  dengan pendekatan pre test – pos test control group ( Sudigdo, 1995).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan  skor perkembangan psikosiial sebelum dan sesudah diberikan terapi kelompok terapeutik  dengan signifikansi  dan  terdapat perubahan  skor perkembangan emosi  sebelum dan sesudah diberikan terapi kelompok terapeutik dengan signifikansi  lebih kecil dari , Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perubahan  skor perkembangan psikososial kemampuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan kesehatan hasil uji T berpasangan (paired –sampel T test ) , bahwa tidak terdapat perubahan  skor perkembangan kemampuan emosi sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan kesehatan hasil uji T berpasangan ( paired –sampel T test ) , terdapat perbedaan  selisih  skor pre test dan post test  perkembangan psikososial yang bermakna antara kelompok intervensi dan kontrol,   Berdasarkan uji t tidak berpasangan (independent-sampel t test)  menunjukkan nilai t hitung sebesar 5,793 dan nilai signifikansi 0,000 oleh karena t hitung > t tabel  (5,793 > 2,110) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05.

References

Alen, J.,Blatter-Maunier,J., Ursprung, A., & Scheneider, S. 2010, The separation anxiety Daly Diary: child version : Feasbility and psychometric properties. Child Pschyatry And Human Development 41(6), 649-662.

Belt, R., Purnamaki, R. 2007. Mother - infant group psychotherapy as an intensive treatment and early interaction among mothers with subtance abuse problem. Journal of Child Pshhotherapy, 33(2), 202-220.

Bahari, K., Keliat, B.A., Gayatri, D & Helena, N.C.D. (2010). Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik Terhadap Perkembangan Identitas Diri Remaja Di Kota Malang Jawa Timur (tesis). Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan UI.

Cookin, A.R., Giallo,R.,D’Esposito, F., Crawford, S.,& Nicholson, J. M.2013. Postpartum maternal, over protective parenting, and children’s social-emotional well being: longitudinal evidence from and Australian cohort. Journal Of Family Psychology: JFP: Journal Of Devision Of Family Psycological Association ( Devision 43), 27(4), 618-628.

De Fiqueredo, C., Rodriques Sequeira, & Dias, F.V. 2012. Families: Influences in Children’s develpoment and behaviour, from parents and teacher’s point of view. Pschichology Research, 2(12), 693-705

Dorahy, M.J., & Clearwater,K. (2012) Shame and guilt in men exposed to childhood sexual abuse: aqualitative investigation. Journal of Child, sexual abuse 21(2),155-175.

Damayanti.M. Masalah Mental Emosional pada Remaja: Deteksi dan intervensi, Sari Pediatric Volume 13 (Supply I) Juni 2011: Jakarta, 2011, 45-51.

Devi, A & Fenn, (2012). Make sure you keep our house safel Thematic Analysis of a children’s psychoterapy group. Journal Of Child Psychoterapy, 38(3), 318-334.

Departemen Pendidikan nasional (2013), Kurikulum (2004) Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia dan sastra Indonesia/Ibtidaiyah.Jakarta: Depdiknas.

Depkes RI. (2005). Pedoman Deteksi Dini tumbuh Kembang Balita. Dirjen Pembinaan Kesehatan Masyarakat. Direktorat Bina Kesehatan Keluarga: Jakarta.

Depkes . (2007). Riset kesehatan dasar 2007: www.litbang.depkes.qo.id/Laporan RKD/Indonesianasional.

Desmita. ( 2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT. Rosda Karya.

El Moussaouin.N.,&Braster,S. (2011). Perception and practices of stimulating children’s cognitive develpoment among Morrocant Imigrant Mothers,Jounal of Child & Familys studies, 20(3),370-383.

Fortinash, K.M.& Holoday, p.A. (2004). Pschitry Mental Health Nursing. Third edition., St. Missouri: Mosby- Year Book Inc.

Gorman, L.M & Anwar, R.F. (2014). Neeb’s fundamentals of mental health nursing. (4th ed). Philadelphia : Davis Plus.

Hall, K., B, Nurs R,G,N.H.V.Cert, & Grundy, S.,R,M,N. 2014. An analysis of time 4U, a therapeutic group for woment wit postnatal depression, Comunity practititoner, 87(9), 25-28.

Hilari Liddle, sarah James, Margareth Hardman ( 2011 ), Goup therapy for school

age children who sutter a survey of current practice, journal of fluciency disorder 36, elsevier.inc.all right reserved.

Hockenberry, M., Wilson, D., & Kline, N. (2003) Nursing care of infant and children 7 ed. St. Louis, Missouri : Mosby elsevier.

Hockenberry, M., Wilson, D (2009) wong’s esesnsial pediatric nursing. Eight edition.St.Louis : Mosby Elsevier.

Hurlock, E. B.(2011) Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Surabaya : Erlangga.

Hidayat,A.A., (2008). Pengantar Ilmu Kesehatan anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Hamid. ( 2009). Bunga Rampai. Asuhan eperawatan Kesehata Jiwa, Jakarta: EGC.

Ignat,S. 2014. Psycho-Interference program for children with annsiety of separation. Journal Plus Education/Educatia Plus, 10(1), 263-267.

International team of therapists for kids, teens, adults, & couples. (2010). Group Therapy. 18 Maret 2010

Jansen, B. J., Booth, D., & Smith, B., (2009). Using the taxonomy of cognitive learning to model online searching. Information Procesing & Management, 45(6), 643-663.

Kartner, J., Borke, J., Maasmeier, K., Keller,H.,& Kleis, A, 2011. Sociocultural Influences on the Development of Self-Recognition and self-Regulation in Costa Rican and Mexican Toddlers. Juornal and Cognitive Education & Psychology, 10 (1), 96-112.

Kaplan, H.I., B.J., Grebb, JA. (2010). Sinopsis Psikiatri. Jilid 2. Tanggerang; Binarupa Aksara Publisher.

Kruizinga,I., Jansen, W., de Haan,C.L., & Raat, H. (2012) Reliability and validity of the KIPPPI:an early detection tool for psychosocial problems in toddlers.Plos one.

Keliat,B.A., Helena. N., Farida,P. 2011. Manajemen Keperawatan Psikososial & Kader Kesehatan Jiwa (CMHN). EGC: Jakarta

Keliat, B.A & Akemat, P. (2014). Keperawatan Jiwa: Terapi Aktivitas Kelompok Edisi 2. Jakarta: EGC.

Kaplan, H.I., Sadock, BJ., dan Grebb, J.A. (2007). Sinopsis psikitari. Edisi Ketujuh. Jakarta : Binarupa Aksara.

Kartner, J., Borke, J., Maasmeier & Kleis, A. (2011). Sociocultural Influences on the Develpoment of Self-Recognition and Self-Regulation in Costa Rican and Mexican. Journal Of Cognitife Education Psychology, 10(1), 96-112.

Lamesho, Hosmer klar & Lwanga ( 1997 ), Besar sampel dalam penelitian kesehatan. Yoyakarta,UGM.Press

Mary prinsloo, Mariane Reid (2015), Experiances parents regarding a school, readinees intervention for presshool children falititated by comunity health nursing student, international journal of africa nursing science, 3 : 94-101,

Maureen kitchoff DSW.ABD,( 2011 ) Expresive art group therapy with middle school aged children from military, the arts in psychoterapi 38.

Marmarosh, & Tasca.G.(2013), Adult attachmaent anxiety:using group therapy to promote change, journal of clinical pshycology, 69(11), 1172-1182 Doi:10.1002/jclp.22044.

Moules.T.,& Ramsay,T.(2008) The textbook and children’s and young peopel’s Nursing (2nd ed). Victoria:Blackwell.

Mills, R. L.,Arbeau, k. A., Lail. D. K., 7 De Jaeger, A. E, (2010). Parenting and Child characteristics in the prediction of shame and early and middle childdhood

Mahoney (2001). In search of the gifted identity from abstract concept to workable counseling contructs, februari 1, 2010,http://www.counselingthegifted.com.

Published

2021-06-29

Issue

Section

Original Articles