Edukasi Kesehatan Mata dan Deteksi Dini Gangguan Mata pada Santri di Pondok Pesantren
Keywords:
Eye health, Early detectionAbstract
Gangguan mata adalah hal yang sering terjadi, dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Keluhannya bisa berupa mata merah, gatal, perih, gangguan penglihatan, hingga kebutaan. Untuk mengantisipasinya, perlu dilakukan pemeriksaan mata secara rutin agar penyakit mata cepat terdeteksi dan diobati sedini mungkin. Permasalahan yang didapatkan di Pondok Pesantren Amanah Putra Desa Toini, Santri belum memahami cara menjaga kesehatan mata dan saat libur pondok mereka selalu menghabiskan waktu mereka untuk bermain gadget seharian, oleh karena itu diperlukan kegiatan untuk membangun kesadaran akan pentingnya kesehatan mata. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pemeriksaan mata dan juga edukasi kesehatan mata. Tujuan kegiatan pegabdian kepada masyarakat yaitu meningkatkan pengetahuan santri tentang pentingnya kesehatan mata serta dapat mendeteksi sedini mungkin gangguan pada mata. Metode pengabdian dengan memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan mata dan deteksi dini gangguan mata. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan santri tentang Kesehatan mata dari 92,5% dengan pengetahuan kurang menjadi 80% pengetahuan baik, teridentifikasi gangguan mata lelah sebanyak 21 orang (52,5%), miopia 8 orang (20%), hordeolum 2 orang (5%), kalasion 1 orang (2,5%), low vision 1 orang (2,5%).
References
Dewi, Y. K., Sitorus, R. J., & Hasyim, H. (2010). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kelelahan Mata pada Operator Komputer di Kantor Samsat Palembang. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 1(01), 35–38. https://repository.unsri.ac.id/60094/1
Djajanti, C. W., Sukmanto, P. A., & Wardhani, I. K. (2020). Penyuluhan Meningkatkan Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Mata. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 248–252. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.4208
Dwiana, A., Lestari, C., & Astuty, L. (2021). Hubungan Pengetahuan Siswa Tentang Kesehatan Mata Dengan Sikap Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Di SDN 13 Engkasan Kalimantan Barat. Avicenna : Journal of Health Research, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.36419/avicenna.v4i1.453
Ermiati, Danuarsyah, A., Putri, A. S., Alya, F. Y. S. H., Yasmin, Marzuuqoh, H., Taqiyya, K., Indriani, N. N., Novi, S., Ayu, R., Pawestri, R., Muslimah, S. N., & Putri, Z. A. (2022). Peningkatan pengetahuan pelajar dan mahasiswa dalam kesehatan mata di masa pandemi covid-19 melalui edukasi kesehatan mata. Prosiding Seminar Nasional PkM: Masyarakat Tangguh, 1, 227–232. https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/788
Helisarah, D. U., Lestari, A., Syafikiani, D., Faza, F. R., Miranti, N., Kurniawan, N. F., Nanariain, A., Apriyani, D., Ramadan, I., Casmana, M. T., Aulia, R. N., & Helisarah. (2020). Kegiatan Skrining dan Deteksi Dini Penglihatan serta Edukasi Pendidikan Kesehatan Mata di Stikes Jenderal Achmad Yani Kota Cimahi. Jurnal ABDI MASADA, 1(1), 57–62. http://abdimasada.stikesdhb.ac.id/index.php/AM/article/view/20
Kemenkes, R. (2018). Infodatin Situasi Gangguan Penglihatan. In N. Kurniasih (Ed.), Kementrian Kesehatan RI (2018 ed.). Infodatin Pusat Data dan Informasi kementerian kesehatan RI. https://pusdatin.kemkes.go.id/article/view/19111100001/situasi-gangguan-penglihatan-2018.html
Khumaidi, M. A., Rachman, O. J., Santoso, P. B., & K, S. O. G. (2019). Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata. Jurnal Kedokteran Indonesia, 5(4), 124. https://doi.org/http://journal.ui.ac.id/index.php
Kurnia, Z. A., Kurniawan, P. A. P., Intan, N. A., & Sari, D. R. (2022). Kebiasaan dan Pengetahuan Masyarakat Usia Produktif Mengenai Kesehatan Mata Selama Pandemi Covid-19. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), 604–616. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i1.5663
Marbun, R., Widi, W., & Dea, V. (2021). Edukasi Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Kesehatan Mata Pada Anak. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4(4), 907–913. https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i4.4033
Marfa, F. P., Yulius, Y., & Halim, B. (2019). Kampanye Kesadaran Diri Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Sejak Dini Tahun 2018. Jurnal Seni Desain dan Budaya, 4(4), 153–158. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/Besaung/article/view/795/961
Mayarani, Sarifudin, G., Sari, D. P., Azzahra, F., Habieb, N. M., Farisi, S. Al, Lestari, Y., Taufik, C., Ilmiyati, E. N., Nurwanda, M., Rabbani, N. H., & Yuliana, R. (2020). Kegiatan Skrining dan Deteksi Dini Penglihatan serta Edukasi Pendidikan Kesehatan Mata di Rumah Zakat Turangga Kota Bandung. Jurnal ABDI MASADA, 1(1), 57–62. http://abdimasada.stikesdhb.ac.id/index.php/AM/article/view/22
Putri, A. K., Reynanda, S. aulia, & Raisa, R. roro. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kesehatan Mata di Masa Pandemi. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 3(2), 26–38. https://doi.org/10.36090/jkkm.v3i2.1122
Ridho, A., Pradana, T. D., Pradana, T. D., Mayarestya, N. P., & Mayarestya, N. P. (2018). Pengaruh Media Komik Terhadap Pengetahuan Kesehatan Mata Pada Anak. Jurnal Vokasi Kesehatan, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.30602/jvk.v3i2.38
Supriati, F. (2012). Faktor-Faktor yang Berkaitan dengan Kelelahan Mata pada Karyawan Bagian Administrasi di PT. Indonesia Power UBP Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(1), 1–11. http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/jkm
Yulistanti, Y., Rahmalina, Hastuti, Yuniarti, H., & Yulianti, I. (2021). Pendampingan Kader Kesehatan dalam Pemeriksaan Kesehatan Mata pada Anak Usia Sekolah di Kota Magelang. Prosiding Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, 48–54. https://doi.org/http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/Pengmas/article/view/760