Hubungan antara Perkembangan Psikososial Remaja dengan Perilaku Bullying di SMAN 1 Tolitoli

The Relationship between Adolesencent Psychosocial Develpoment with Bullying Behavior in SMAN 1 Tolitoli

https://doi.org/10.33860/jik.v13i2.118

Authors

  • Helena Pangaribuan Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palu
  • Arifuddin Arifuddin Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palu
  • Lenny Lenny Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palu

Keywords:

Bullying, Perkembangan Psikososial, Remaja

Abstract

Remaja adalah fase masa transisi berada pada rentang usia 11-20 tahun. Perilaku bullying pada  Remaja  merupakan perilaku agresif yang dilakukan secara sengaja dan terjadi secara berulang-ulang untuk menyerang seorang target atau korban yang lemah, dihina dan tidak bisa membela diri sendiri dapat memberikan dampak negatif pada kehidupan individu, kehidupan akademik, kehidupan social bagi pelaku, korbannya dan saksi bullying, apabila tidak diatasi dengan baik beresiko terjadi penyimpangan perkembangan perilaku remaja yang negatif  yang dapat mempengaruhi tahap tumbuh kembang berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Hubungan antara Perkembangan Psikososial remaja dengan Perilaku bullying di SMAN I Tolitoli. Desain pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan 148 sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling dengan pendekatan cross sectional di uji dengan menggunakan chis-square. Hasil penelitian menunjukkan Sebanyak 30,4% remaja perkembangan psikososialnya normal dan 69,6 % remaja perkembangan psikososialnya tidak normal, Siswa dengan perilaku yang melakukan prilaku bullying 59,5% dan siswa dengan perilaku yang tidak melakukan perilaku bullying 40,5%. Kesimpulan: terdapat hubungan antara perkembangan psikososial remaja dengan perilaku bullying remaja di SMAN I Tolitoli. Hasil didapatkan nilai sebesar 0,016, nilai tersebut lebih kecil dari nilai alpha 0,05. Diharapkan untuk Siswa perlu meningkatkan kreativitas remaja, pemberian penyuluhan kesehatan Orang tua dan pihak sekolah tentang bahaya prilaku bullying perlu untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan mental.

References

Sacco, R. G. Re-Envisaging the Developmental stages of Erick Erickson: The fibonacci life-chart method (FLCM). Journal of Educational and Depelopmental Psychology, 3(1), 140-146. 2013.
Depkes. Riset kesehatan dasar 2007: www.litbang.depkes.qo.id/Laporan RKD/Indonesianasional. 2007.
Stuart, Gail W. Principles and Practice of Psychiatric Nursing. 9th ed. Mosby Inc. 2005.
Maulana HDJ. Promosi Kesehatan. Jakarta: Egc; 2009.
Yusuf. Psikologi perkembangan anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja. 2009.
Wiyani, A. Save our Children From School Bullying . Jogjakarta: Arruz Media. 2012.
Sejiwa. Bullying: Mengatassi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta. Grasindo. 2008.
Soedjatmiko. Nurhamzah, W. Maureen, A. Wiguna, T. Gambaran Bullying dan Hubungan dengan Masalah Emosi dan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sari Pediatri, Vol. 15. No.3, 175. 2013.
Hamid. (2009). Bunga Rampai. Asuhan eperawatan Kesehata Jiwa, Jakarta: EGC.
Setyawan, D. KPAI: Pelaku Kekerasan Terhadap Anak Tiap Tahun Meningkat. 2015. http://www.kpai.go.id/berita/kpai-pelaku-kekerasan-terhadap-anak-tiap-tahun-meningkat/.
Ramadhan K, Estevani E, Entoh C, Nurfatimah N. Mekanisme Koping Individu dan Perilaku Bulying pada Siswa SMA. J Kesehat Manarang. 2019 Jul 31;5(1):14. Available from: http://jurnal.poltekkesmamuju.ac.id/index.php/m/article/view/86
Keliat,B.A., Helena. N., Farida,P. Manajemen Keperawatan Psikososial & Kader Kesehatan Jiwa (CMHN). EGC: Jakarta. 2011.
Rigby, K. Children and bullying. how parents and educators can reduce bullying at school. California: Blackwell Publishing. 2008.
Ratna Djuwita, ‘Kekerasan Tersembunyi Di Sekolah: Aspek-Aspek Pdikososial Dari Bullying-Victims: A Comparison of Psychosocial and Behavioral Characteristics’, Journal of Pediatric Psychology, 2006.

Published

2020-07-05

How to Cite

Pangaribuan, H., Arifuddin, A., & Lenny, L. (2020). Hubungan antara Perkembangan Psikososial Remaja dengan Perilaku Bullying di SMAN 1 Tolitoli: The Relationship between Adolesencent Psychosocial Develpoment with Bullying Behavior in SMAN 1 Tolitoli. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 13(2), 102–107. https://doi.org/10.33860/jik.v13i2.118

Issue

Section

Original Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.