FAKTOR YANG MEMENGARUHI TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA D-III KEBIDANAN PADA UJI KOMPETENSI DI POLTEKKES KEMENKES PALU
Keywords:
Mutu lulusan, uji kompetensiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor yang memengaruhi kelulusan pada uji kompetensi bidan dan memperoleh instrumen baku berdasarkan hasil studi eksploratif yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Desain penelitian yang dipergunakan adalah mixed methods dengan strategi sequential exploratory. Eksplorasi faktor dilakukan melalui analisis tematik dan untuk memperoleh instrumen yang valid dan reliable dilakukan melalui analisis dengan menggunakan rasch model. Subyek penelitian adalah 6 alumni yang tidak lulus uji kompetensi, 3 alumni yang lulus uji kompetensi, dan 3 dosen D III di Jurusan kebidanan Poltekkes Kemenkes Palu. Hasil eksplorasi yang diperoleh menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi kelulusan mahasiswa pada uji kompetensi bidan dari diri mahasiswa yaitu minat dan motivasi belajar yang sangat rendah, kurang percaya diri, ketelitian dalam mengisi lembar jawaban komputer dan ketidakjujuran selama proses pendidikan. Kesimpulan, tingkat kelulusan mahasiswa pada uji kompetensi masih rendah dikarenakan rendahnya motivasi dan minat belajar mahasiswa, ketidakjujuran dalam membuat laporan dan belum ada bimbingan belajar khusus menghadapi uji kompetensi. Disarankan Dosen agar memotivasi mahasiswa untuk belajar dan menfasilitasi mahasiswa dalam menghadapi uji kompetensi
References
2. Stronge JH, Ward TJ, Tucker PD, Hindman JL. What is the Relationship Between Teacher Quality and Student Achievement? An Exploratory Study. J Pers Eval Educ. 2007 Dec;20(3–4):165–84.
3. Yigzaw T, Ayalew F, Kim Y-M, Gelagay M, Dejene D, Gibson H, et al. How well does pre-service education prepare midwives for practice: competence assessment of midwifery students at the point of graduation in Ethiopia. BMC Med Educ [Internet]. 2015 Dec [cited 2018 Nov 21];15(1). Available from: http://bmcmededuc.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12909-015-0410-6
4. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. 2016.
5. Hakimzadeh R, Ghodrati A, Karamdost N, Ghodrati H, Mirmosavi J. Factors Affecting the Teaching-Learning in Nursing Education. Am Res J Nurs [Internet]. 2015 [cited 2018 Nov 21]; Available from: https://www.arjonline.org/papers/arjn/v1-i4/2.pdf
6. Lee I-C. The Effect of Learning Motivation, Total Quality Teaching and Peer-Assisted Learning on Study Achievement: Empirical Analysis from Vocational Universities or Colleges’ students in Taiwan. 2010;6(2):18.
7. Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta; 2011.
8. Slameto D. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.
9. Baswedan AR. Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia [Internet]. Silaturahmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kepala Dinas Pendidikan Se-Indonesia; 2014; Jakarta. Available from: https://pendidikan.kulonprogokab.go.id/files/Paparan%20Materi%20Pendidikan%20di%20Indonesia.pdf
10. Brunstad A, Giske T, Hjälmhult E. How midwifery students experience learning conditions in labor wards. J Nurs Educ Pract [Internet]. 2016 Jan 28 [cited 2018 Nov 21];6(4). Available from: http://www.sciedupress.com/journal/index.php/jnep/article/view/8149
11. Inayah R, Martono T, Sawaji H. Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. J Pendidik Insan Mandiri [Internet]. 2013;1(1). Available from: https://media.neliti.com/media/publications/13843-ID-pengaruh-kompetensi-guru-motivasi-belajar-siswa-dan-fasilitas-belajar-terhadap-p.pdf
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License
You are free to:
- Share, copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt, remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.