RETENSI HASIL BELAJAR DENGAN METODE VERBAL DIBANDINGKAN METODE KOMBINASI VERBAL – VISUAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN POSO
Keywords:
Verbal-visual, Verbal, Retensi hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran dengan metode verbal dan metode kombinasi verbal-visual terhadap retensi hasil belajar mahasiswa semester IV Program Studi Keperawatan Poso mengenai Pencegahan Infeksi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan pendekatan prospektif. Sample sebanyak 68 Mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan sistem acak sederhana. Mahasiswa kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B, masing-masing berjumlah 34 orang. Metode penyajian kombinasi verbal – visual dilakukan pada kelompok A dan metode penyajian verbal dilakukan pada kelompk B. Data dianalisis dengan menggunakan Uji “t” pada taraf kepercayaan 95%. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada metode verbal ada peningkatan nilai rata-rata sebesar 555,338 atau 118,57%. Pada metode kombinasi verbal-visual ada peningkatan nilai rata-rata sebesar 1986,68 atau 446,52%. Sehingga, dapat disimpulkan, terdapat perbedaan yang bermakna antara retensi hasil pembelajaran yang menggunakan verbal dibanding kombinasi verbal-visual
References
2. Surya M. Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisy, 2004 ; 73-4
3. Dimiyanti. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta, 2003 ; 3-19.
4. Djiwandono SEW. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Gravindo Persada, 2002 ; 150-7.
5. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Mempersiapkan Dan Menggunakan Media Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 2005 ; 1-10.
6. Rudi Susialana, Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran, Bandung : Wacana Prima.
7. Rora Rizky Wandini. Media Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). J Nizhamiyah. 2016;6(1)
8. Salam B. Cara Belajar Yang Sukses Di Perguruan Tinggi. Jakarta : Rineka Cipta, 2004 ; 4-8.
9. Arsyad A. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2005 ; 91-3.
10. Clarke I, Flaherty TB, Yancey M. Teaching the visual learner: The use of visual summaries in marketing education. Journal of Marketing Education. 2006;28(3).
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License
You are free to:
- Share, copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt, remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.