RETENSI HASIL BELAJAR DENGAN METODE VERBAL DIBANDINGKAN METODE KOMBINASI VERBAL – VISUAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN POSO

https://doi.org/10.33860/jik.v12i2.17

Authors

Keywords:

Verbal-visual, Verbal, Retensi hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran dengan metode verbal dan metode kombinasi verbal-visual terhadap retensi hasil belajar mahasiswa semester IV Program Studi Keperawatan Poso mengenai Pencegahan Infeksi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan pendekatan prospektif. Sample sebanyak 68 Mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan sistem acak sederhana. Mahasiswa kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B, masing-masing berjumlah 34 orang. Metode penyajian kombinasi verbal – visual dilakukan pada kelompok A dan metode penyajian verbal dilakukan pada kelompk B. Data dianalisis dengan menggunakan Uji “t” pada taraf kepercayaan 95%. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada metode verbal ada peningkatan nilai rata-rata sebesar 555,338 atau 118,57%. Pada metode kombinasi verbal-visual ada peningkatan nilai rata-rata sebesar 1986,68 atau 446,52%. Sehingga, dapat disimpulkan, terdapat perbedaan yang bermakna antara retensi hasil pembelajaran yang menggunakan verbal dibanding kombinasi verbal-visual

References

1. Syah M. Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002 ; 10-2.
2. Surya M. Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisy, 2004 ; 73-4
3. Dimiyanti. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta, 2003 ; 3-19.
4. Djiwandono SEW. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Gravindo Persada, 2002 ; 150-7.
5. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Mempersiapkan Dan Menggunakan Media Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 2005 ; 1-10.
6. Rudi Susialana, Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran, Bandung : Wacana Prima.
7. Rora Rizky Wandini. Media Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). J Nizhamiyah. 2016;6(1)
8. Salam B. Cara Belajar Yang Sukses Di Perguruan Tinggi. Jakarta : Rineka Cipta, 2004 ; 4-8.
9. Arsyad A. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2005 ; 91-3.
10. Clarke I, Flaherty TB, Yancey M. Teaching the visual learner: The use of visual summaries in marketing education. Journal of Marketing Education. 2006;28(3).

Published

2020-04-14

How to Cite

FRANSISCA NOYA. (2020). RETENSI HASIL BELAJAR DENGAN METODE VERBAL DIBANDINGKAN METODE KOMBINASI VERBAL – VISUAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN POSO. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 12(2), 64–70. https://doi.org/10.33860/jik.v12i2.17

Issue

Section

Original Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.