Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit: Scoping Review
Keywords:
Loyalitas, Pasien, Rawat Inap, Rumah SakitAbstract
Loyalitas konsumen adalah perilaku yang akan membeli produk atau menggunakan jasa secara berulang-ulang pada perusahaan yang sama, sedangkan loyalitas pasien dikaitkan dengan perilaku pasien untuk menggunakan kembali jasa yang diberikan oleh pelayanan kesehatan salah satunya di rumah sakit. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pasien. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pasien rawat inap di rumah sakit. Metode yang digunakan adalah scoping review. Pengumpulan data didapatkan melalui dua sumber data base yaitu DOAJ dan google scholar (dibatasi pada 3 halaman pertama). Adapun kata kunci yang digunakan dalam pencarian artikel yaitu: "Faktor" AND "loyalitas" AND "pasien” AND “rawat inap” AND “rumah sakit”. Artikel yang ditemukan sebanyak 23 artikel namun hanya 11 artikel yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi loyalitas pasien rawat inap di rumah sakit adalah faktor kepuasan pasien dan faktor kualitas layanan pasien. Terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pasien rawat inap di rumah sakit seperti faktor perilaku caring perawat, kepercayaan, kenyamanan, kemudahan, dan lain-lain. Kesimpulannya, pihak rumah sakit perlu memperhatikan bagaimana tingkat kepuasan pasien dan kualitas pelayanan yang diberikan karena banyak hasil penelitian yang berhasil menunjukkan pengaruh faktor kepuasan pasien dan faktor kualitas layanan pasien terhadap tingkat loyalitas pasien
References
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.
Dewi, R. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien pengguna BPJS dengan kepuasan pasien sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Dayasaing. 2017;18(2):146-156.
Hasan, S., & Putra, A. H. P. K. Loyalitas pasien rumah sakit pemerintah: ditinjau dari perspektif kualitas layanan, citra, nilai dan kepuasan. Jurnal Manajemen Indonesia. 2018;18(3):184-196.
Kuntoro, W., & Istiono, W. Kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional. 2017;2(1):140-147.
Vigaretha, G., & Handayani, O. W. K. Peran kepuasan pasien sebagai variabel mediasi pengaruh mutu pelayanan terhadap loyalitas pasien. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development). 2018;2(4):543-552.
Siregar, N. Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Jumant. 2018;8(2):87-96.
Iswara, B. D., & Rustam, T. A. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pasien Klinik Kesehatan Koperasi Karyawan PLN Batam. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 2021;8(2).
Sari, D. L., & Widiyastuti, T. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Kasus Pada Pasein Rawat Jalan di UPT Puskesmas Wonotirto). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN). 2021;6(1):93-100.
Ilhamsyah, I., & Mulyani, A. Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Di RS. Kusta Dr. Rivai Abdullah Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Media Wahana Ekonomika. 2019;15(4):33-47.
Sari, S. M. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Pada Rumah Sakit Bhayangkara Tk Ii Sartika Asih Bandung). Economix. 2021;9(1).
Bukhari, I., Kamal, B., & Sari, M. K. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Mitra Keluarga Tegal. Monex: Journal of Accounting Research-Politeknik Harapan Bersama Tegal. 2018;7(1).
Hidayat, B. T., Arifin, R., & Hufron, M. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap RSUD Kanjuruhan Kepanjen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen. 2018;7(13).
Rahmawati, K. N. Pengaruh Kualitas Layanan Medis, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Kebumen (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia). 2018.
Suryaningrat, D. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Dalam Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus Di Rumah Sakit Yarsi Pontianak). Jurnal Ilmiah Ibnu Sina. 2018;3(1):115-124.
Wati, L. Hubungan antara reliability dan responsiveness dengan loyalitas pasien di ruang rawat inap. Jurnal Keperawatan Silampari. 2018;2(1):252-269.
Ervina, M., Putra, R. S. P., & Samad, M. A. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pasien Rawat Inap di RSUD Labuang Baji Makassar Tahun 2019. Jurnal Penelitian Kesehatan Pelamonia Indonesia. 2019;2(1):1-6.
Irawan, M. N., & Sefnedi, S. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Inap Terhadap Tingkat Kepuasaan Dan Loyalitas Pasien Di RSUD Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam). 2019;7(2):141-148.
Nurhidayat, M., Simanjorang, A., & Jamaluddin, J. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Kunjungan Berobat Pasien Rawat Inap pada Instalasi Rawat Inap Anak di RSU Hidayah Delitua 2017. Global Health Science (GHS). 2019;4(3): 150-158.
Saragih, E. J., & Utami, R. A. Efektifitas Model" PC-JeWa" Perawat terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap. Jurnal Kesehatan Holistic. 2020;4(1):12-26.
Nirmayati, N., Fitriani, A. D., & Simanjorang, A. Analisis Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Munyang Kute Redelong Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada. 2020;13-20.
Jayadipraja, E. S. N., & Nurzalmariah, W. O. S. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Umum di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari Tahun 2019. Indonesian Journal of Health and Medical. 2021;1(2): 305-318.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License
You are free to:
- Share, copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt, remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.