Media Pocket Book dan Pemberian Tablet Fe dalam Menurunkan Anemia pada Ibu Hamil di Puskesmas Lorulun
Pocket Book and Iron Supplement as the Solution for Anemia During Pregnancy
Keywords:
kehamilan, anemia, pocket book, tablet FeAbstract
Studi pendahuluan di Puskesmas Lorulun angka kejadian anemia masih cukup tinggi 77,7% dari 27 ibu hamil. Hal ini terjadi karena pengetahuan ibu hamil yang kurang mengenai anemia sehingga banyak ibu hamil yang tidak mengkonsumsi tablet Fe secara teratur. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pendidikan kesehatan tentang anemia di Puskesmas Lorulun dengan media Pocketbook, screening Hb dan pemberian tablet Fe sehingga dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil dan mencegah anemia yang akhirnya dapat menurunkan kejadian anemia ibu hamil. Metode pengabdian dilakukan dengan pendidikan kesehatan, pemberian tablet Fe dan screening Hb. Pendidikan kesehatan yang diberikan terkait dengan anemia kehamilan seperti pengertian, penyebab, tanda gejala, akibat, pencegahan anemia dalam kehamilan, dan kebutuhan zat besi pada kehamilan. Hasil dan luaran yang didapatkan adalah pengetahuan ibu hamil tentang anemia di Puskesmas Lorulun yaitu dari 26 ibu hamil yang semula hasil pretest pengetahuan yang cukup 15,4% dan pengetahuan kurang 84,6% saat posttest mengalami peningkatan yaitu pengetahuan baik 73,1% dan pengetahuan cukup 26,9%. Diharapkan Kader dan bidan puskesmas membekali ibu hamil lainnya dengan pocket book dan modul pencegahan anemia dalam kehamilan dengan keterlibatan Puskesmas dalam menjalankan program antenatal care.
References
Aldini, D. Y. (2017). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Tingkat Pengetahuan dan rasionalitas penggunaan Obat Swamedikasi 2017. SKRIPSI. UNAIR. http://repository.unair.ac.id/76631/
Asyirah, S. (2012). Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Anemia pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Bajeng kecamatan Bajeng kabupaten Gowa tahun 2012. Karya Tulis Ilmiah Strata Satu, Universitas Indonesia, Jakarta, 42. https://library.ui.ac.id/detail?id=20314687&lokasi=lokal
Azadirachta, F. L., & Sumarmi, S. (2017). Pendidikan Gizi Menggunakan Media Buku Saku. 107–115.
Balitbangkes Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Balitbangkes. https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf
Cunningham, F G, dkk. (2005). Obstetri Williams Volume I. Jakarta: EGC.
WHO (2005). Global anaemia prevalence and number of individuals affected. https://www.who.int/vmnis/anaemia/prevalence/summary/anaemia_data_status_t2/en/
Dinas Kesehatan Maluku Tenggara. (2015). Profil Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara. Available at: http://www.depkes.go.id/resources/download/profil/PROFIL_KAB_KOTA_2014/8102_Maluku_Kab_Maluku_Tenggara_2014.pdf.
Kemenkes RI. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Jakarta. https://www.litbang.kemkes.go.id/laporan-riset-kesehatan-dasar-riskesdas/
Prawirohardjo, S. (2010). Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Puskesmas Lorulun. (2017). Profil Puskesmas Lorulun Tahun 2018.
Rahmawati, N. I., Nugraheni, S. A., & Mawarni, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Buku Saku oleh Motivator terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Motivator dalam Mengatasi Permasalahan Pemberian ASI ( di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul ) 2015. 3(2), 64–70. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JNKI/article/view/158
Sari, E., & Sudarmiati, S. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda Bahaya Kehamilan di Puskesmas Karangdoro 2017. Tesis. UNDIP. http://eprints.undip.ac.id/52725/
Sunarsih dan Dewi. (2011). Asuhan Kebidanan Ibu Nifas. Jakarta: Salemba Medika. https://onesearch.id/Record/IOS2726.slims-60659
Yuli Anggraeni. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Pocket Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktik Akutansi Manual (PAM) Kelas XI Akutansi SMK YPKK 1 Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta 2016. SKRIPSI. UNY. https://eprints.uny.ac.id/30517/
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License
You are free to:
- Share, copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt, remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.