Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Pada Masyarakat di RW 5 Watuoge Kelurahan Taipa Kecamatan Palu Utara

Basic Life Support Training for the Community in RW 5 Watuoge, Taipa Village, North Palu District

https://doi.org/10.33860/jpml.v1i2.1359

Authors

  • Baiq Emy Nurmalisa poltekkes palu
  • Supirno supirno poltekkes kemenkes palu
  • Jurana jurana poltekkes kemenkes palu
  • Rina Tampake poltekkes kemenkes palu
  • Nurlailah Umar poltekkes kemenkes palu
  • Helena Pangaribuan poltekkes kemenkes palu
  • Patompo Moh Fadli Dg poltekkes kemenkes palu

Keywords:

Pengetahuan; Keterampilan; Bantuan Hidup Dasar

Abstract

ABSTRAK

Pendahuluan:. Kota Palu yang merupakan salah satu wilayah di Sulawesi Tengah yang termasuk dalam daerah rawan bencana. Hal yang penting untuk dipersiapkan dalam rangka pencegahan dan meminimalkan risiko dampak merugikan bagi korban adalah kesiapsiagaan bencana. Menurut penelitian pengetahuan masyarakat menghadapi bencana dan terkait pertolongan pertama masih banyak yang kurang. Oleh sebab itu diperlukan sosialisasi dan simulasi untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan sikap masyarakat terkait mitigasi dan kesiapsiagaan Tujuan pengabmas ini meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat Watuoge dalam memberikan bantuan hidup dasar bagi korban yang membutuhkan termasuk korban tenggelam. Metode Kegiatan pengabdian masyarakat terkait pelatihan BantuanHidup Dasar (BHD) ini dilakukan di RW 5 Watuoge Kelurahan Taipa Kecamatan Palu Utara tanggal 19 Agustus 2020. Khalayak sasaran pengabdian masyarakat adalah masyarakat (pemuda, kader kesehatan, tokoh masyarakat) di wilayah Watuoge sejumlah 25 orang. Metode yang digunakan dalam pengabmas ini adalah sosialisasi dan simulasi kepada masyarakat. Media yang digunakan untuk membantu penyampaian materi adalah poster dan phantom. Kegiatan diawali dengan tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Untuk mengetahui efektifitas kegiatan ini maka dilakukan apersepsi untuk mengukur sejauhmana tingkat pengetahuan peserta dan diakhir kegiatan dilakukan evaluasi dengan memberikan pertanyaan terkait materi yang sudah disampaikan serta peserta diminta untuk redemosntrasi skill BHD. Hasil yang didapatkan dalam kegiatan ini adalah peserta sangat antusias mengikuti penyuluhan yang diberikan dan berdiskusi sehingga pada akhir kegiatan peserta bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh tim pengabdi dan dapat melakukan redemonstrasi BHD meskipun ada beberapa bagian yang masih kurang tepat. Pelatihan BHD di daerah Watuoge dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta melakukan Bantuan Hidup dasar. Diperlukan adanya kegiatan serupa secara berkala dan jumlah peserta yang lebih besar agar setiap individu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam melakukan BHD.

Kata Kunci: Pengetahuan; Keterampilan; Bantuan Hidup Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

BNPB. (2017). Membangun Kesadaran, Kewaspadaan Dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana (Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Bencana. Jakarta: Deputi Bidang Pencegahan Dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana; 2017.

Dinkes Prov.Suteng. (2019). Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, 1– 222.

Fajarwaty, H. (2012). Bacis Life Support Tim Bantuan Medis FK. UI

Hamarno. (2019). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan Kedaruratan dan Manajemen Bencana, Pusdik SDM Kesehatan BPSDMK, Jakarta. In Αγαη (Vol. 8, Issue 5). http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdm k/wpcontent/uploads/2017/08/Keperawat an-GAdar-dan-MAnajemen-Bencana Ko.mprehensif.pdf

Ismunandar, Umar, N., Ndama, M & Amyadin. (2021). Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Huntara Kota Palu dan Sigi. Lentora Nursing Journal. Vol 2 No.1 Oktober 2021: Hal. 12-19

Kurniawati, Ninuk Dian et al. 2020. “Peningkatan Kemampuan Melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Siswa SMU Di Sekolah Menengah Umum Melalui Metode Simulasi Dan Role Play.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Dalam Kesehatan 2(1): 1.

Mangemba, Dg., 1 , Ra’bung2, A.S , Nurarifah, Ismunandar , Malik, S.A, Junaidi , Ndama, M , Nasrul , Agusta, Y.M.. (2021). Pengaruh Pendidikan Penanganan Korban Tenggelam Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Pesisir. Lentora Nursing Journal .Vol 2 No.1 Oktober 2021: Hal. 7-11 p-ISSN: 2776-1371 e-ISSN: 2776-1622.

Nur, Aini Dwi, Kustriyani Menik, dan Arifianto. (2019). “PKM PELATIHAN PERTOLONGAN PERTAMA DALAM GAWAT DARURAT PADA ORANG AWAM.” Jurnal Implementasi Pengabdian Masyarakat Kesehatan (JIPMK) 1(2): 34–38.

Patimah, S., Sima, Y., Suryani, A.S.. (2019). GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP PERTOLONGAN PERTAMA PADA PENANGANAN KORBAN TENGGELAM DI WILAYAH HAMADI. Healthy Papua : Jurnal Keperawatan dan Kesehatan. Vol 2, No 1 (2019).

Purnama, S. G. (2017). Modul Manajemen Bencana. Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, 1–89.

Supirno, Umar, N, dan Mangundap, S.E. (2021). Peningkatan Kemampuan Masyarakat Melakukan Bantuan Hidup Dasar di Labuanberu Mamboro Palu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Lentora Volume 1 No. 1 September 2021 (Hal. 1-6).

Suwaryo, P. A. W. (2019). Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Bantuan Hidup Dasar pada Relawan Bencana. Jurnal Peduli Masyarakat, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.37287/jp m.v1i1.86

Watung, G. I. V. (2021). Edukasi Pengetahun dan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Pada Siswa Remaja SMA Negeri 3 Kotamobagu. Community Engagement & Emergence Journal, 2, 2021. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/129- Article Text-835-3-10-20210128 (3).pdf

Published

2022-03-31

How to Cite

Nurmalisa, B. E., supirno, S., jurana, J., Tampake, R., Umar, N., Pangaribuan, H., & Moh Fadli Dg , P. (2022). Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Pada Masyarakat di RW 5 Watuoge Kelurahan Taipa Kecamatan Palu Utara: Basic Life Support Training for the Community in RW 5 Watuoge, Taipa Village, North Palu District. Jurnal Pengabdian Masyarakat Lentora, 1(2), 60–65. https://doi.org/10.33860/jpml.v1i2.1359

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.