Hubungan Kompetensi Mahasiswa terhadap Praktik Laboratorium dan Praktik Klinik Pada Mata Kuliah Keperawatan Dasar

https://doi.org/10.33860/shj.v1i1.1618

Authors

  • Saman Prodi D-III Keperawatan Toli-toli, Poltekkes Kemenkes Palu, Toli-toli, Indonesia
  • Azwar Prodi D III Keperawatan Tolitoli, Poltekkes Kemenkes Palu, Tolitoli, Indonesia

Keywords:

Kompetensi, praktik laboratorium, praktik klinik

Abstract

Pendidikan keperawatan yang berkualitas harus memenuhi standar kompetensi yang harus dilalui oleh setiap calon perawat. Pembelajaran mahasiswa dapat diperoleh melalui 2 tahapan yaitu pembelajaran praktikum laboratorium dan pembelajaran praktikum klinik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi mahasiswa terhadap praktik laboratorium dan praktik klinik pada mata kuliah keperawatan dasar semester III prodi keperawatan Tolitoli poltekkes Palu. Metode penelitian adalah penelitian retrospektif dengan pendekatan cross sectional. Tehnik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling terhadap mahasiswa semester III yang telah  melaksanakan praktik di laboratorium kampus dan juga telah melaksanakan praktik klinik di rumah sakit. Jumlah sampel sebanyak 55 orang. Hasil penelitian dari uji statistik yang digunakan adalah Spearman dengan nilai kemaknaan p < 0,05. Hasil ini menunjukan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi mahasiswa terhadap praktik laboratorium dan praktik klinik (p = 0,164). Karena nilai signifikan berada diantara kisaran nilai 0.00-0.25 , sehingga untuk kriteria tingkat hubungan (koefisien korelasi) antar variabel yaitu korelasi sangat lemah. Kesimpulan dari penelitiaan ini adalah tidak terdapat hubungan kompetensi mahasiswa terhadap praktik laboratorium dan praktik klinik pada mata kuliah keperawatan dasar semester III prodi keperawatan Tolitoli poltekkes Palu.

Published

2022-11-04

Issue

Section

Articles