Pengaruh Edukasi tentang PHBS terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 6 Tambun

https://doi.org/10.33860/shj.v2i2.4012

Authors

  • rusneni Poltekkes Kemenkes Palu Prodi DIII Keperawatan Tolitoli
  • Erlina Prodi DIII Keperawatan Tolitoli Poltekkes Kemenkes Palu

Keywords:

Education, PHBS, knowledge, behavior, students

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di institusi pendidikan adalah hasil praktek bersama peserta didik, guru, dan masyarakat sekolah yang dilandaskan pada kesadaran dari pembelajaran. Dampak dari tidak melakukan PHBS di tatanan sekolah dapat mengurangi suasana nyaman saat belajar akibat lingkungan kelas yang kotor, menurunnya prestasi belajar, serta membuat citra sekolah yang buruk dan dapat terjangkit penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendidikan kesehatan tentang PHBS ditatanan sekolah dasar negeri 6 tambun. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest One Group Design dengan sampel yaitu siswa kelas 1 sebanyak 30 orang. Variabel independenpen yaitu pengaruh edukasi tentang PHBS dan variabel dependen yaitu perilaku hidup bersih dan sehat. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likerts. Analisa data Data menggunkan uji univariat dan bivariat menggungakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan sebagain besar responden memiliki pengetahuan dengan kategori cukup yaitu 14 orang (45%) dan perilaku tidak sesuai 15 orang (50%) sebelum diberikan intervensi dan setelah intervensi sebagaian besar pengetahuan responden berada dalam kategori baik yaitu 18 orang (60%) dan berperilaku baik yaitu 18 orang (60%). Hasil uji statistik menunjukkan nilai p value 0,001 < 0,05 yang artinya ada pengaruh edukasi tentang PHBS terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu edukasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) secara signifikan meningkatkan pengetahuan dan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Published

2024-10-24

Issue

Section

Articles