Main Article Content

Abstract

Kader posyandu merupakan bagian dari masyarakat yang mempunyai peran sebagai motivator, pendidik dan membantu petugas kesehatan agar kesehatan masyarakat dapat tercapai termasuk menurunnya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Kader posyandu yang tidak aktif dapat menyebabkan penurunan AKI dan AKB menjadi tersendat. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari dimensi kepribadian extraversion dan openness dengan keaktifan kader posyandu. Metode penelitian menggunakan crosssectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh kader posyandu di wilayah kerja Puskesmas Kraksaan Probolinggo sebesar 370 orang. Pengambilan sampel secara random sampling, diperoleh sampel sebesar 192 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kader posyandu mempunyai dimensi kepribadian extraversion yang rendah dan openness yang sedang serta tidak aktif dalam kegiatan posyandu. Ada hubungan antara dimensi kepribadian extraversion dan openness dengan keaktifan kader posyandu.

Keywords

Dimensi kepribadian extraversion openness keaktifan kader posyandu

Article Details

How to Cite
Narsih, U., Rohmatin, H., & Widayati, A. (2020). Hubungan Dimensi Kepribadian Extraversion dan Openness dengan Keaktifan Kader Posyandu: The Correlation of Extraversion Personality Dimension and Openness with the Activeness of Posyandu Cadres. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 14(2), 111-115. https://doi.org/10.33860/jik.v14i2.240

References

  1. Susanto A. Peran Kader Posyandu Sebagai Agen Perubahan Perilaku Pada Ibu Hamil Dalam Upaya Menekan Angka Kematian Ibu Dan Bayi. 2017;5.
  2. Widayati A, Rohmatin H, Narsih U. Peran Kader Dalam Sistem Rujukan Dan Pencegahan Komplikasi Pada Ibu Dan Bayi Terhadap Kematian Neonatal. :6.
  3. Ilyas Y. Kinerja, Teori Penilaian dan Penelitian. 4th ed. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok; 2012.
  4. Garcia D. The Affective Temperaments: Differences between Adolescents in the Big Five Model and Cloninger’s Psychobiological Model of Personality. 2011. 13:999–1017.
  5. Badriyah L, Faradiba AT. Hubungan Faktor Kepribadian Extraversion dan Prestasi Akademik. J Muara Ilmu Sos Hum Dan Seni. 2018 Jun 1;2(1):272.
  6. Suminta RR. Hubungan Antara Tipe Kepribadian Dengan Orentasi Religiusitas. FIKRAH. 2017 Mar 7;4(2):214.
  7. Anjani S, Gatari E. Hubungan Openness dan Conscientiousness Terhadap Perilaku Kerja Inovatif: Peran Moderasi Dari Masa Kerja pada Perusahaan Startup. J Psikol TALENTA. 2019 Mar 10;4(2):182.
  8. Wilt J, Revelle W. Extraversion. Oxford University Press; 2017. 57–81 p.
  9. Rustiarini NW. Pengaruh Kompleksitas Tugas, Tekanan Waktu, dan Sifat Kepribadian pada Kinerja. Makara Hum Behav Stud Asia. 2013 Dec 1;17(2):126.
  10. Li M, Mobley WH, Kelly A. Linking Personality to Cultural Intelligence: An Interactive Effect of Openness and Agreeableness. 2016. 89(January):105–10.
  11. Intyassari DP, Renanita T, Setiawan JL. Hubungan antara Kecenderungan Kepribadian Ekstraversion, Informational Support dari Atasan, Emotional Support dari Teman dan Resilience of Efficacy pada SPG Department Store. :13.
  12. Nasyroh M, Wikansari R. Hubungan Antara Kepribadian (Big Five Personality Model) dengan Kinerja Karyawan. J Ecopsy. 2017 May 2;4(1):10.
  13. Kaplan SC, Levinson CA, Rodebaugh TL, Menatti A, Weeks JW. Social Anxiety and the Big Five Personality Traits: The Interactive Relationship of Trust and Openness. 2015. 44(3):212–22.
  14. Purnomo R. Pengaruh Kepribadian, Self-Efficacy, Dan Locus of Control terhadap Persepsi Kinerja Usaha Skala Kecil dan Menengah. 2010;17(2):18.
  15. Bidjuni H. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. 2016;4:7.
  16. Rosito AC. Eksplorasi Tipe Kepribadian Big Five Personality Traits Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik. J Psikol Pendidik Dan Konseling J Kaji Psikol Pendidik Dan Bimbing Konseling. 2018 Jun 24;4(1):6.