Gambaran Literasi Membaca Mahasiswa Tingkat I Prodi D-III Keperawatan Luwuk Kabupaten Banggai

https://doi.org/10.33860/jik.v16i3.1667

Authors

  • Nitro Galenso Program Studi D-III Keperawatan Luwuk, Poltekkes Kemenkes Palu
  • Sri M. Hasan Program Studi D-III Keperawatan Luwuk, Poltekkes Kemenkes Palu

Keywords:

Sumber referensi, tugas mahasiswa, literasi membaca

Abstract

Propinsi Sulawesi Tengah berada pada posisi ke 28 dengan nilai 31,55 dalam indeks aktivitas literasi membaca, ini artinya masih tergolong rendah. Kurangnya aktivitas membaca referensi terkait  akademik akan berdampak pada kemampuan mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan serta menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran Literasi Membaca Mahasiswa Tingkat I TA 2020/2021 Prodi D-III Keperawatan Luwuk Kabupaten Banggai Propinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan analisis dokumen. Instrumen penelitian menggunakan dokumen tugas mahasiswa sesuai mata kuliah yang diajarkan di Semester I. Data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dengan pengambilan kesimpulan dilakukan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden berusia 20,5 tahun dengan rata-rata lama membaca 3,4 jam setiap harinya. Sumber referensi atau pustaka yang digunakan oleh mahasiswa dalam pengerjaan tugas cukup beragam yaitu berasal dari buku (46,4%), internet/blog (26,7%), artikel (12,5%), peraturan perundang-undangan (8%), dokumen standar (3,5%), serta sumber referensi yang berasal dari intern referens dan prosiding (0,8%). Berdasarkan standar referensi dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Nomor 20 Tahun 2017, panggunaan referensi yang sesuai sebanyak 53,52%, dan yang tidak sesuai sebesar 46.48%. Kesimpulan menunjukkan bahwa literasi membaca mahasiswa tingkat I TA 2020/2021 Prodi D-III Keperawatan Luwuk masih belum optimal karena belum sepenuhnya terstandar, meskipun sudah didukung oleh sumber referensi atau pustaka yang bervariasi. Literasi membaca sumber referensi atau pustaka terstandar perlu menjadi salah satu fokus dalam proses pengembangan pembelajaran di Institusi.

References

Nudiati, D. Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2020; 3(1): 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561

Puslitjakdikbud. Indeks aktivitas literasi membaca 34 provinsi: Ringkasan eksekutif. Jakarta; 2019. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi

Akbar, A. Minat Literasi Mahasiswa. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2020; 4(2), 593–596. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.768

Mokhtari, K., Reichard, C. A., & Gardner, A. The Impact of Internet and Television Use on THe Reading Habits and Practices of College Students. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 2010; 53(April): 565–574. https://doi.org/10.1598/JAAL.52.7.6

Supriyanto, W., & Iswandiri, R. Kecenderungan Sivitas Akademika Dalam Memilih Sumber Referensi Untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Berkala Ilmu Pengetahuan Dan Informasi, 2017; 13(1): 79–86. https://doi.org/http://10.22146/bip.26074

Dalilan. Literasi Mahasiswa: Studi Kebiasaan dan Sikap Membaca Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan. Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2021; 13(1). Retrieved from https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/pustakaloka/article/download/2786/1740

Ampuni, S. Proses Kognitif Dalam Pemahaman Bacaan. Buletin Psikologi, 1998; VI(2): 16–26.

Gustini, N., Rohaniawati, D., & Imani, A. Budaya Literasi (Model Pengembangan Budaya Baca Tulis Berbasis Kecerdasan Majemuk Melalui Tutor Sebaya) (1st ed.). Yogyakarta; 2016.

Nurhaidah & Musa, M. I. Dampak rendahnya minat baca dikalangan mahasiswa PGSD Lampeuneurut Banda Aceh serta cara meningkatkannya. Jurnal Pesona Dasar, 2016; 3(4), 1–11. Retrieved from https://jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/viewFile/7536/6203

Applegate, A. J., Applegate, M. D., Mercantini, M. A., McGeehan, C. M., Cobb, J. B., DeBoy, J. R., … Lewinski, K. E. The Peter Effect Revisited: Reading Habits and Attitudes of College Students. Literacy Research and Instruction, 2014; 53(3): 188–204. https://doi.org/10.1080/19388071.2014.898719

Owusu-Acheaw, M. Reading Habits Among Students and its Effect on Academic Performance. IEEE/IFIP International Conference on VLSI and System-on-Chip, VLSI-SoC, 2014; 6(5), 23. Retrieved from https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/1130/

Hendriyana, R. Penggunaan Sistem Klasifikasi Antara Sistem Klasifikasi The National Technical Information Service dan Dewey Decimal Classification. Visi Pustaka, 2012; 12(3): 8. Retrieved from https://www.perpusnas.go.id/magazine-detail.php?lang=id&id=8259

Kementerian Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 tentang Buku. 2008.

Arikunto, S. Buku Manajemen Penelitian. Jakarta; 2013.

Prajawinanti, A. Pemanfaatan Buku Oleh Mahasiswa Sebagai Penunjang Aktivitas Akademik Di Era Generasi Milenial. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2020; 8(1), 34. https://doi.org/10.18592/pk.v7i15.3757

Setiawan, E. P., & Ismurjanti, I. Penggunaan Internet sebagai sumber informasi dalam penyusunan karya ilmiah Siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2018; 6(2), 169–182. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.18590

Kemenkumham. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan. , Pub. L. No. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 82,. Jakarta: 2011.

Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti. Pemanfaatan Sumber Pustaka dan Perangkat Penunjang Publikasi Ilmiah. In Lukman (Ed.), Pemanfaatan Sumber Pustaka. Jakarta; 2019.

Mansyur, U. Minat Baca Mahasiswa: Potret Pengmbangan Budaya Literasi Di Universitas Muslim Indonesia. Jurnal Literasi, 2020; 4(2). Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/viewFile/3900/3424

Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2017; 3(2): 117. https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i2.16737

Lailiana, N. A., & Handayani, A. Motivasi Berprestasi Ditinjau Dari Komitmen Terhadap Tugas Pada Mahasiswa. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula, 2017; 89–96. Retrieved from https://www.semanticscholar.org/paper/MOTIVASI-BERPRESTASI-DITINJAU-DARI-KOMITMEN-TUGAS-Lailiana-Handayani/ae0b50ff12ecd7abfc01f216e664dfcad5db044e

Hasnadi. Membangun Budaya Literasi Informasi pada Perguruan Tinggi. Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA), 2019; 3(1): 610–620. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya

Salam, E. S. Membangun Budaya Literasi Melalui Mata Kuliah Bahasa Indonesia Sebagai Media Revolusi Mental Generasi Produktif. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 2017; 11(2): 158. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.163

Muslim, I. F., & Salsabila, F. Gerakan Literasi Di Kalangan Mahasiswa Sebagai Pengaruh Pembelajaran Daring (Online). Research and Development Journal of Education, 2021; 7(2), 424. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10224

Damri, D., Engkizar, E., & Anwar, F. Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2017; 3(1): 74. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1415

Published

2022-11-30

How to Cite

Galenso, N., & Hasan, S. M. . (2022). Gambaran Literasi Membaca Mahasiswa Tingkat I Prodi D-III Keperawatan Luwuk Kabupaten Banggai. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(3), 409–415. https://doi.org/10.33860/jik.v16i3.1667

Issue

Section

Original Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.