Hubungan Sikap Ahli Gizi, Sikap Pramusaji Dan Cita Rasa Makanan Terhadap Kepuasan Pasien

Relationship between Attitudes of Nutritionists, Attitudes of Waiters and Food Taste on Patient Satisfaction

https://doi.org/10.33860/shjig.v4i1.2179

Authors

  • Supriyono
  • Yahmi Setyaningrum Institut Teknologi Kesehatan Malang Widya Cipta Husada
  • Arindra Nirbaya

Keywords:

Kepuasan, Pasien, Sikap, Cita rasa

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan salah satu parameter kualitas Rumah Sakit. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien perlu diteliti. Kepuasan pasien diduga dipengaruhi oleh sikap ahli gizi, sikap pramusaji, cita rasa makanan. Tujuan: menganalisa hubungan hubungan sikap ahli gizi, sikap pramusaji dan cita rasa makanan terhadap kepuasan pasien. Metode: Desain penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 30 responden dengan teknik quota sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner sikap, citarasa dan kepuasan. Hasil: uji statistik Spearman menunjukkan ada hubungan sikap ahli gizi (p-value = 0,001; r = 0,580), aroma lauk hewani (p-value = 0,011; r = 0,465), rasa lauk hewani (p-value = 0,010; r = 0,335), tekstur lauk hewani p-value = 0,001; r = 0,556), warna lauk hewani (p-value = 0,012; r = 0,452) terhadap kepuasan pasien. Tidak ada hubungan yang signifikan antara sikap pramusaji terhadap kepuasan pasien (p-value = 0,963; r = -0,009). Kesimpulan: Peningkatan skor sikap ahli gizi dan skor cita rasa makanan berhubungan signifikan dengan peningkatan kepuasan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aritonang, I. 2012. Penyelenggaraan Makanan Manajemen Sistem Pelayanan Gizi Swakelola dan Jasa Boga Di Instalasi Gizi Rumah Sakit. Yogyakarta: Leutika., and Arora. 2012. Penyelenggaraan Makanan Manajemen Sistem Pelayanan Gizi Swakelola Dan Jasa Boga Di Instalasi Gizi Rumah Sakit. Yogyakarta: Leutika.

Cahyaningrum, PUSPA. 2013. 1 “HUBUNGAN MUTU PELAYANAN GIZI DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PANTI WALUYO SURAKARTA.” Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ernalia, Y. 2014. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Penyakit Dalam dan Ruang Bersalin Terhadap Pelayanan Makanan Pasien Di RSUD Mandau Duri. Riau: STIKes Tuanku Tamburai Riau., and Fera. 2014. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Penyakit Dalam Dan Ruang Bersalin Terhadap Pelayanan Makanan Pasien Di RSUD Mandau Duri Riau. Fera,o Title.” Jurnal Gizi STIKes Tuanku Tambusai Riau.

Febriyanti, Sinta Fariska, Fitriana Putri, and Diyan Indriyani. 2022. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi.” Jurnal Endurance 2(1): 45–52.

Hickson M., Fearnley L., Thomas J. 2007. “Does a New Steam Meal Catering System Meet Patient Requirements in Hospital?” J Hum Nutr Diet 20: 476–85.

Hoyer, W.D. & MacInnis, D.J. 2001. Customer Behaviour. 2th Ed.,. Boston: Houghton Mifflin Company.

Kartilawati. 2019. “Cita Rasa Makanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sutowobaturaja Tahun 2019.” Politeknik Kesehatan Palembang.

Kondrup, J. 2004. “Proper Hospital Nutrition As a Human Right.” Clinical Nutrition (23): 135–37.

Naithani S., Whelan K., Thomas J et al., and Inpatients’. 2008. “Hospital Inpatients’ Experiences of Access to Food: A Qualitative Interview and Observational Study.” Health Expect (11): 294–303.

Nurhasma, Nurhasma, Andi Syamsul Rijal, and Rahmawati Azis. 2021. “Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rsup Dr Tadjuddin Chalid Makassar.” J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat 7(2): 90.

O’Flynn J., Peake H., Hickson M. 2005. “The Prevalence of Malnutrition in Hospitals Can Be Reduced: Results from Three Consecutive Cross-Sectional Studies.” Clin Nutr 24: 1078–88.

Padmiari, Ida Ayu Eka, Pande Putu Sri Sugiani, and G.A Dewi Kusumayanti. 2013. “Analisis Faktor Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kinerja Agli Gizi Ruangan Di RSUP Sanglah Denpasar, Provinsi Bali.” Jurnal Skala Husada 10: 167–74. http://www.poltekkes-denpasar.ac.id/files/JSH/JSH V10N2.pdf#page=84.

Prasetyani, Liyana Nisa. 2016. “Hubungan Sikap Ahli Gizi Dan Pramusaji Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Iii Rumah Sakit Umum Daerah ( Rsud ) Kota Salatiga.” Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sari, Selvi Mayang. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Pada Rumah Sakit Bhayangkara Tk. II Sartika Asih Bandung).” Jurnal Economix 9(1): 61–72.

Suprapti, Methyana Setya Amalia, Tjarono Sari, and Rini Wuri Astuti. 2017. “Hubungan Praktik Ahli Gizi Dalam Pelayanan Konsultasi Gizi Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD Kota Yogyakarta.” Repository PoltekkesJogja.

Wulansari, Arnati, Budi Setiawan, and Tiurma Sinaga. 2014. “Penyelenggaraan Makanan Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Di Kantin Zea Mays Institut Pertanian Bogor.” Jurnal Gizi dan Pangan 8(2): 151.

Published

2023-08-31

How to Cite

Supriyono, Setyaningrum, Y., & Nirbaya, A. (2023). Hubungan Sikap Ahli Gizi, Sikap Pramusaji Dan Cita Rasa Makanan Terhadap Kepuasan Pasien: Relationship between Attitudes of Nutritionists, Attitudes of Waiters and Food Taste on Patient Satisfaction. Svasta Harena: Jurnal Ilmiah Gizi, 4(1), 16–25. https://doi.org/10.33860/shjig.v4i1.2179