Parenting Skill Meningkatkan Pengetahuan Orangtua tentang Pembentukan Karakter Disiplin Anak Prasekolah
Parenting Skill Increase Parents Knowledge about The Formation of Children's Discipline Characters
Keywords:
Parenting Skill, disiplin, anak prasekolahAbstract
Karakter disiplin anak merupakan hal yang harus dibentuk sejak dini. Orang tua berperan utama dalam membentuk karakter disiplin pada anak, karenanya orang tua harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk melakukannya. Parenting skill merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk dapat meningkatkan pengetahuan orang tua tentang pembentukan karakter disiplin pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian analitik eksperimental dengan desain pretest and posttest without control group. Sampel yang diteliti sejumlah 41 ibu yang memiliki anak uia prasekolah terpilih menjadi responden dengan pengumpulan data sebanyak dua kali untuk mengetahui pengetahuan orang tua tentang pembentukan karakter disiplin pada anak preschool. Hasil uji wilcoxon rank test didapatkan adanya peningkatan nilai pengetahuan orang tua tentang pembentukan karakter disiplin pada anak sebelum dan sesudah diberikan pelatihan parenting skill (nilai p: 0.0001). perlu dilakukan upaya-upaya pemberian edukasi teknik parenting skill kepada orang tua untuk lebih meningkatkan pemahaman orang tua tentang pembentukan karakter disiplin pada anak, sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan memiliki karakter disiplin yang kuat.
References
Tridhonanto A. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Gramedia; 2014.
Batubara J. Pengembangan Karakter Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 2015;3(1):1.
Hapsari II. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Gramedia; 2016. 342 p.
Yaumi M. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group; 2014.
Indrijati H. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Prenada Media Group; 2016.
Global Report. Ending Violence in Childhood [Internet]. 2017 [cited 2019 Aug 7]. Available from: http://globalreport.knowviolenceinchildhood.org
KPAI. Maraknya Kasus Kekerasan pada Anak [Internet]. 2018 [cited 2019 Aug 7]. Available from: http://www.kpai.go.id
KPAID. Kekerasan Anak Masih Ada. 2017; Available from: http://kaltim.prokal.co/read/news/317590-kekerasan-anak-masih-ada.html
Kalsum FY, Ervina I. Hubungan Parenting Skill dalam Melatih Disiplin Anak terhadap Motivasi Belajar Siswa di SD YIMA Bondowoso. Universitas Muhammadiyah Jember; 2019.
Ihsani N, Kurniah N, Suprapti A. Hubungan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia. 2018;3(1):50–5.
Fatmah NA. Pola Penerapan Disiplin Anak Usia Dini di TK Kamala Bhayangkari 05 Sleman. Universitas Islam Negeri SUnan Kalijaga Yogyakarta; 2017.
Fitri A. AN, Jubaedah Y, Ningsih MP. Peran Orang Tua Dalam Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Prasekolah Melalui Pembiasaan Di Kelurahan Cihaurgeulis Bandung. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. 2017;2(2):81–91.
Erlanti MS, Mulyana N, Wibowo H. Teknik Parenting Dan Pengasuhan Anak Studi Deskriptif Penerapan Teknik Parenting Di Rumah Parenting Yayasan Cahaya Insan Pratama Bandung. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 2016;3(2):155–291.
Setijaningsih T, Matiningsih W. The Effect of Parenting Program Towards Knowledge and Attitude of Parents for Giving Fundamental Needs of Children in Early Age. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery). 2014;1(2):129–34.
Gaveni N. Pelaksanaan program parenting bagi orangtua dalam menumbuhkan perilaku keluarga ramah anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah [Internet]. 2012;9(2):1–11. Available from: https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/5425
Setyowati YD, Krisnatuti D, Hastuti D. Pengaruh Kesiapan Menjadi Orang Tua dan Pola Asuh Psikososial Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 2017;10(2):95–106.
Maryam S. Gambaran Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Ibu pada Anak Usia Dini di Gampong Pante Gajah Kecamatan Matang Glumpang Dua Kabupaten Bireuen. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies. 2017;3(2):67–76.
Pramudianti DC, Raden A, Suryaningsih EK. Hubungan tingkat pendidikan formal dengan parenting self-efficacy periode awal nifas pada ibu pasca sectio caesarea. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah. 2018;13(1):34–41.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors who publish with Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License
You are free to:
- Share, copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt, remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.