Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Huntara Kota Palu dan Sigi

https://doi.org/10.33860/lnj.v2i1.833

Authors

  • Ismunandar Ismunandar a:1:{s:5:"en_US";s:23:"Poltekkes Kemenkes Palu";}
  • Nurlailah Umar poltekkes kemenkes palu
  • Metrys Ndama
  • Amyadin poltekkes kemenkes palu

Keywords:

Pengetahuan, sikap, masyarakat, kesiapsiagaan, bencana

Abstract

Seluruh wilayah Indonesia merupakan daerah yang rawan bencana termasuk Palu, Sigi dan Donggala. Tanggal 28 September 2018 telah terjadi gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang menelan banyak korban jiwa serta membuat sebagian dari masyarakat harus menjadi pengungsi dan tinggal di huntara. Banyaknya korban jiwa pada peristiwa tersebut karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kesiapsiagaan bencana termasuk persiapan pra bencana, saat bencana dan pasca bencana. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengetahuan dan sikap masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami pada pengungsi di Huntara Palu dan Sigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Cara pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 96 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan masyarakat menghadapi bencana bumi yang baik 28 orang (58,3%), kurang baik 20 orang (41,7%). Pengetahuan pada pasca bencana 100% kurang baik. Pengetahuan menghadapi bencana tsunami yang baik 34 orang (70,8%), kurang baik 14 orang (29,2%). Sikap masyarakat menghadapi bencana gempa bumi yang baik dan kurang baik sama yaitu 24 orang (50%), sikap mengahadapi bencana tsunami yang baik 26 orang (54,2%), kurang baik 22 orang (45,8%). Kesimpulan penelitian ini pengetahuan dan sikap masyarakat dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami lebih banyak yang baik. Jika dilihat pengetahuan tentang pasca bencana gempa bumi semuanya kurang baik. Disarankan kepada Pemda Kota Palu dan Pemda Kabupaten Sigi untuk secara rutin memberikan penyuluhan dan simulasi tentang kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Pusponegoro A. Kegawatdaruratan dan Bencana : solusi dan petunjuk teknis penanggulangan medilk & kesehatan. Jakarta: Rayyana Komunikasindo; 2016.
2. BNPB. Membangun Kesadaran, Kewaspadaan Dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana (Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Bencana). Jakarta: Deputi Bidang Pencegahan Dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana; 2017.
3. Paramesti CA. Kesiapsiagaan Masyarakat Kawasan Teluk Pelabuhan Ratu Terhadap Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. J Reg City Plan. 2011;22(2):113.
4. Adiwijaya C. Pengaruh Pngetahuan Kebencanaan dan Sikap Masyarakat Terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Tanah Longsor (Studi di Kelurahan Lawanggintung, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor). J Prodi Manaj Bencana [Internet]. 2017;3(2):81–101. Available from: http://jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/MB/article/view/107
5. Utama EC, Arozaq M, Galuh RT, Wati HW, Widiastuty A. Analisis Hubungan Pengetahuan dan Sikap terhadap Rencana Tanggap Darurat Bencana Banjir pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Sragen Tengah Kecamatan Sragen kabupaten sragen. Pros Semin Nas Geotik. 2017;263–9.

Published

2021-10-14

How to Cite

Ismunandar, I., Nurlailah Umar, Metrys Ndama, & Amyadin. (2021). Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Huntara Kota Palu dan Sigi . Lentora Nursing Journal, 2(1), 12–19. https://doi.org/10.33860/lnj.v2i1.833

Issue

Section

Original Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.