Sinergi Multidisiplin untuk Pengurangan Risiko Bencana: Model Edukasi di Rumah Ibadah Hindu
Multidisciplinary Synergy for Disaster Risk Reduction: An Educational Model in a Hindu House of Worship
Keywords:
Mitigasi, Bencana, Kesiapsiagaan, rumah ibadah hinduAbstract
Indonesia merupakan negara yang rawan bencana alam, termasuk gempa bumi, letusan gunung berapi, banjir, dan tsunami. Rumah ibadah Hindu, seperti pura, seringkali terletak di lokasi yang rentan terhadap bencana dan memiliki desain bangunan yang masih menerapkan cara tradisional.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan masyarakat dan pemangku kepentingan dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan merancang strategi mitigasi risiko bencana terhadap rumah ibadah Hindu.
Kegiatan ini menggunakan metode workshop dengan pendekatan partisipatif dan berbasis praktik. Peserta workshop sebanyak 30 orang yang terdiri dari pengelola pura, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya.
Hasil workshop menunjukkan bahwa kegiatan ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta tentang mitigasi bencana. Rata-rata pemahaman awal tentang kajian resiko bencana sebelum pelatihan adalah 60,75, sedangkan setelah pelatihan meningkat menjadi 86,50.
Kegiatan workshop ini dapat menjadi contoh bagi upaya pengurangan risiko bencana di rumah ibadah Hindu lainnya di Indonesia. Dengan demikian, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kesiapsiagaan dan ketahanan rumah ibadah Hindu terhadap bencana alam.
Downloads
References
Asharose, Saizen, I., & Sasi, P. (2015). Awareness Workshop as an Effective Tool and Approach for Education in Disaster Risk Reduction: A Case Study from Tamil Nadu, India. Sustainability, 7(7), 8965–8984. https://doi.org/10.3390/su7078965
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (2018). Post-Disaster Needs Assessment Gempa Lombok. https://bnpb.go.id/uploads/24/info-bencana-agustus-2018-1.pdf
Bogdan, E. (Evalyna) A., Roszko, A. M., Beckie, M. A., & Conway, A. (2021). We’re ready! Effectiveness of community disaster preparedness workshops across different community groups in Alberta, Canada. International Journal of Disaster Risk Reduction, 55, 102060. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2021.102060
Handayani, S. L., Amtaran, A., Dokeng, M. M., & Yuningsih, J. (2025). MEWUJUDKAN RUMAH IBADAH TANGGUH BENCANA: PELATIHAN DAN SIMULASI KESIAPSIAGAAN BAGI MASYARAKAT. In Communnity Development Journal (Vol. 6, Issue 2). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/42951
Hassler, U., & Kohler, N. (2014). Resilience in the built environment. Building Research & Information, 42(2), 119–129. https://doi.org/10.1080/09613218.2014.873593
Horspool, N., Pranantyo, I., Griffin, J., Latief, H., Natawidjaja, D. H., Kongko, W., Cipta, A., Bustaman, B., Anugrah, S. D., & Thio, H. K. (2014). A probabilistic tsunami hazard assessment for Indonesia. Natural Hazards and Earth System Sciences, 14(11), 3105–3122. https://doi.org/10.5194/nhess-14-3105-2014
Humanitarian Forum Indonesia. (2022). KESIAPSIAGAAN BENCANA BERBASIS RUMAH IBADAH UNTUK 6 AGAMA. Humanitarian Forum Indonesia. https://humanitarianforum-or-id.b-cdn.net/wp-content/uploads/2024/01/Kesiapsiagaan-Bencana-Berbasis-Rumah-Ibadah-untuk-6-Agama-Islam.pdf
Ismayadi, & Harahap, I. A. (2024). Improving Community Preparedness Through Disaster Management Training in Sukaraja Village, Medan Maimun District, Medan City. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 154–160. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v9i2.18865
Kurniadi, A. (2023). Analysis of Community Participation based Approach to Disaster Mitigation Reduction. Disaster Advances, 17(2), 31–39. https://doi.org/10.25303/172da031039
Langar, S., Vannette, A., & Lombardi, A. (2022.). Perceptions for Natural Disaster Preparedness among Historic Houses of Worship. 38–28. https://www.researchgate.net/profile/Sandeep-Langar/publication/366866767_Perceptions_for_Natural_Disaster_Preparedness_among_Historic_Houses_of_Worship/links/63b5c447a03100368a51f9a1/Perceptions-for-Natural-Disaster-Preparedness-among-Historic-Houses-of-Worship.pdf
Langitan, R. E., Agusrianto, A., Oktavia, D. S., & Manggasa, D. D. (2022). Edukasi Mitigasi Bencana Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Masyarakat Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Madago Community Empowerment for Health Journal, 1(2), 40–45. https://doi.org/10.33860/mce.v1i2.1096
Lestari, A. W., Firdausi, F., Merry, R. R., Wulandari, C., Primasworo, R. A., Sari, Y. I., & Amanda, D. E. (2023). Edukasi “Mitigasi Bencana” Di SDN 4 Merjosari Malang sebagai Upaya Penguatan Menghadapi Bencana Gempa Bumi di Kota Malang. Journal of Indonesian Society Empowerment (JISE), 1(2), 39–45. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/11151
Maharani, S., Sari, R. P., Ikbal, R. N., & Rahmi, H. (2024). Pendidikan Mitigasi Bencana dan Kesiapsiagaan Anak dalam Menghadapi Gempa Bumi di SDN 09 Berok Nipah. JIK JURNAL ILMU KESEHATAN, 8(2), 433. https://doi.org/10.33757/jik.v8i2.1207
Putriawati, W. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Small Group Discussion untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 80. https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1043
Putriyanti, Ch. C., & Fensi, F. (2017). Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Santa Maria Monica, Bekasi Timur. Psibernetika, 10(2). https://doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1047
Qurrotaini, L., Amanda Putri, A., Susanto, A., & Kh Ahmad Dahlan Ciputat Tangerang Selatan, J. (2022). EDUKASI TANGGAP BENCANA MELALUI SOSIALISASI KEBENCANAAN SEBAGAI PENGETAHUAN ANAK TERHADAP MITIGASI BENCANA BANJIR. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2, 3542. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/11151
Rahmawati, A., Furi Laelasari, M., Magfiroh, M., Susilawati, H., Utami Damayanti, Z., Studi, P. S., & Pasim Kota Sukabumi, S. (2023.). EDUKASI MITIGASI BENCANA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN BENCANA ALAM DILLINGKUNGAN SEKOLAH MI AL-MANSYURIAH KELURAHAN LIMUSNUNGGAL. https://jurnal.abisatya.org/index.php/JAGADDHITA/article/view/52
Rahmi Fadiah Nasution, Evi Bunga Lestari, & Usiono Usiono. (2024). Peran Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana dalam Meningkatkan Kesadaran pada Remaja. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 119–128. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3491
Wenten, I. G. (2019). Kajian Kerusakan Pura Pasca Gempa Lombok. Jurnal Permukiman, 14(1), 45–56.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 I Wayan Supetran, Ni Ketut Ratini, Ni luh Desy, Ni Made SriDevi, Baiq Emy Nurmalisa, Arifudin Arifuddin, Amyadin Amyadin, Yulianus Sudarman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Term
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat Lentora and Poltekkes Kemenkes Palu as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Lentora , Poltekkes Kemenkes Palu, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Pengabdian Masyarakat Lentora are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 International License. Please use the materials accordin Jurnal Pengabdian Masyarakat Lentora is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 International License