Edukasi Mitigasi Bencana Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Masyarakat Menghadapi Bencana Gempa Bumi
Keywords:
Education, Disaster mitigation, KnowledgeAbstract
Sulawesi Tengah merupakan daerah rawan gempa termasuk Kabupaten Tojo Una-Una dengan riwayat gempa 6,0 magnitudo. Desa Tete B salah satu desa yang mengalami dampak akibat gempa tersebut. Masyarakat panik, cemas, berhamburan keluar rumah dan mengungsi ke pegunungan. Masyarakat belum mengetahui tindakan mitigasi bencana. Kegiatan pengabdian masyakat bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyakat tentang mitigasi bencana gempa bumi, dengan sasaran masyakart di desa Tete. Metode pengabdian yaitu edukasi dan demonstrasi, hasil kegiatan menunjukkan 80% masyarakat memiliki pengetahuan yang baik tentang mitigasi bencana setelah dilakukan edukasi dan mampu mendemonstrasikan tindakan mitigasi bencana. Saran bagi pemerintah setempat meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana melalui kegiatan edukasi dan simulasi secara berkala dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat
References
Achmad, V. S. (2020). Pengaruh Pendidikan Bencana Gempa Bumi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Smk Karya Bangsa Kota Tangerang. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(2), 297–304. https://doi.org/10.36743/medikes.v7i2.248
Atmojo, S., & Muhandis, I. (2019). Sistem Informasi Geografis Bencana Gempa Bumi Dengan Pendekatan Pga Untuk Mitigasi Bencana. Jurnal Ilmiah Edutic, 6(1), 10–14. https://doi.org/10.21107/edutic.v6i1.6074
Dian, A., Sunandi, E., & Nugroho, S. (2020). Pendampingan Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Berbasis Pengetahuan Lokal pada Masyarakat Rentan Bencana di Kabupaten Mukomuko Bengkulu. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 87–99. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.102
Fahrizal, K. dan N. I. (2016). Pengaruh Pelatihan Program Pengurangan Risiko Bencana (Prb) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa Sd Negeri 3 Tangse Dalam Menghadapi Gempa Bumi. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 16(2), 74–79. http://www.e-repository.unsyiah.ac.id/JKS/article/view/5053/4344
Febriana, Sugiyanto, D., & Abubakar, Y. (2015). Kesiapsiagaan Masyarakat Desa Siaga Bencana Dalam Menghadapi Gempa Bumi Di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Ilmu Kebencanaan (JIKA) Pascasarjana Univeritas Syiah Kuala, 2(3), 41–49. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIKA/article/download/5671/4690
Fitriana, E. (2021). Pendidikan Siaga Bencana: Pendekatan Dalam Pembelajaran Geografi. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 08(1), 72–87. https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/204
Nuraeni, N., Mujiburrahman, M., & Hariawan, R. (2020). Manajemen Mitigasi Bencana pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Pengurangan Risiko bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1), 68–79. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.200
Pasau, G., & Tanauma, A. (2011). Pemodelan Sumber Gempa Di Wilayah Sulawesi Utara Earthquake Source Modeling of North Sulawesi Region As. Jurnal Ilmiah Sains, 11(2), 203–209. https://doi.org/10.35799/jis.11.2.2011.208
Setyaningrum, N., & Rumagutawan, R. (2018). Tingkat pengetahuan penanggulangan bencana dan kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada kepala keluarga di Dusun Kiringan Canden Jetis Bantul Yogyakarta. Health Sciences and Pharmacy Journal, 2(3), 103–110. https://doi.org/10.32504/hspj.v2i3.44
Subagia, I. W. (2015). Pelatihan Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Pengastulan Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng Bali. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(1), 585–598. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4916
Sudirman, K. D., & Alhadi, Z. (2020). Analisis Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Risiko Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 2(3), 117–124. https://doi.org/10.24036/jmiap.v2i3.159
Thene, J. (2016). Mitigasi Bencana Gempa Bumi Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Rote Kabupaten Rote Ndao Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(2), 102–106. https://doi.org/10.17977/um022v1i22016p102