Education And Preparation Of A Balanced Nutritional Menu Based On Local Food To Prevent Chronic Energy Deficiency In Young Women
Penyusunan Menu dan Edukasi Gizi Seimbang Berbasis Pangan Lokal Untuk Pencegahan Kurang Energi Kronik Pada Remaja Putri
Keywords:
Gizi seimbang, Pangan lokal, BookletAbstract
Pemanfaatan pangan lokal dengan mengolah menjadi menu yang bervariasi serta bergizi seimbang dapat menjadikan pangan lokal lebih optimal dalam memenuhi kebutuhan gizi pada remaja putri. Selain itu dibutuhkan media booklet yang berisi menu sebagai sarana edukasi gizi. Tujuan kegiatan ini adalah mengembangakan menu pangan lokal dan mengembangkan booklet sebagai sarana edukasi. Bentuk kegiatan berupa penyusunan menu gizi seimbang serta uji penggunaan booklet pada remaja putri untuk pencegahan kurang energy kronik (KEK). Kegiatan terlebih dahulu mengidentifikasi pangan lokal yang tersedia. Hasil kegiatan menunjukan terdapat jenis pangan lokal yang berhasil diidentifikasi yang terdiri dari jenis bahan pangan serelia, umbi-umbian, kacang-kacangan, telur dan daging, sayuran, serta buah-buahan. Dari bahan tersebut disusun menjadi 3 menu untuk makan sehari sesuai prinsip gizi seimbang yang dituangkan ke dalam booklet sebagai edukasi gizi. Dari hasil uji penggunaan booklet yaitu dari skor rata-rata yaitu 3,85 (sangat mudah dipahami), 3,9 (sangat informatif), 3,77 (tampilannya sangat menarik), dan 3,77 (bahasa yang digunakan sangat sederhana). Media booklet yang berhasil dikembangkan dapat digunakan di komunitas yang sama sebagai media edukasi yang efektif.
References
Fauzi, CA. (2012). Analis Pengetahuan dan Perilaku Gizi Seimbang Menurut Pesan Ke-6, 10, 11, 12 dari Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) Pada Remaja. Jurnal Kesehatan Reproduksi. Vol. 3, No 2, Hal: 91-105.
Hariyanti, LP. (2020). Hubungan Asupan Energi dan Zat Gizi Makro, aktivitas fisik, dan Body Image dengan Kejadian Kurang Energi Kronis (KEK) Pada Remaja Putri di SMAN 1 Grogol Kabupaten Kediri. Skripsi. Dipublikasikan . Universitas Airlangga Fakultas Kesehatan Masyarakat.
Kemenkes, RI. (2019). Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia. Kemenkes RI: Jakarta.
Kusumawati, Y., & Zulaekah, S. (2021, May). Booklet sebagai Media Edukasi dalam Meningkatan Pengetahuan Kesehatan Mental Ibu Hamil. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 50-58).
Lubis DS, Adhi KT, Pinatih IGNI, dan Mahendra IGAA . (2021). Modul Pendidikan Kesehatan dan Pemenuhan Gizi Seimbang Pada Remaja Putri. (hlm. 22) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana: Bali
Muhdar, Al. (2018). “Efektifitas Pemberian E-Booklet Tentang Permasalahan Menyusui Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dokter Umum Di Puskesmas Kota Malangejki. Jurnal Kesehatan Islam.” Jurnal Kesehatan Anak . Vol 7, No 1.
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. http://www.depkes.go.id/resources/download/infoterkini/materi_rakorpop_20 18/Hasil%20Riskesdas%202018.pdf
Riskesdas Sulawesi Tengah. 2018. Laporan Riskesdas Provinsi Sulawesi Tengah. Kesehatan Provinsi, Sulawesi Tengah kesehatan
Setyawati, V. A. V., & Herlambang, B. A. (2015). Model edukasi gizi berbasis e-booklet untuk meningkatkan pengetahuan gizi ibu balita. Jurnal informatika UPGRIS, 1(1 Juni).
Soleman, H. (2018). Gambaran Kejadian Anemia Pada Remaja Putri KEK Yang Mendapatkan Tablet Tambah Darah Pada Siswi SMAN 3 Kota Ternate, Wilayah Suburban. Karya Tulis Ilmiah. Dipublikasikan. Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanudin Makassar.
Zaki, I. dan Sari, HP. (2019). Edukasi Gizi Berbasis Media Sosial Meningkatkan Pengetahuan Dan Asupan Energi- Protein Remaja Putri Dengan Kurang Energi Kronik (Kek). Journal Perstauan Gizi Indonesia. Vol. 42, No. 2, Hal: 111-122. https://doi.org/10.36457/gizindo.v42i2.469


