The Relationship between Parenting Patterns and the Environment on Adolescent Social Behavior
Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Terhadap Perilaku Sosial Remaja
Keywords:
Pola Asuh Orang Tua; Lingkungan Sosial; Perilaku Sosial; Remaja;Abstract
Latar Belakang: Peran orang tua melalui pola asuh didalam membantu perilaku sosial yang baik secara psikologis merupakan implementasi pola asuh dimana anak yang memiliki kecerdasan kognitif tinggi tidak menjamin kemampuannya dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan lingkungan sosial terhadap perilaku sosial remaja. Metode: Jenis penelitian ini deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional, Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling sebanyak 70 orang. Analisis data menggunakan uji chi-square dengan uji fisher exact Test. Hasil: penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh demokratis memiliki pola asuh yang baik 50 orang (71.4%), dan pola asuh yang cukup 20 orang (28.6%). Lingkungan sosial yang baik 33 orang (47.1%), dan lingkungan sosial yang cukup 37 orang (52.9%). Perilaku sosial kategori baik sebanyak 34 orang (48.6%) dan cukup sebanyak 36 (51,4%). Hasil uji chi-square terdapat hubungan pola asuh orang tua dan lingkungan sosial terhadap perilaku sosial remaja. Kesimpulan: Pola asuh orang tua dapat berdampak terhadap perilaku sosial remaja. Untuk itu orang tua perlu memberikan perhatian yang lebih pada anaknya melalui pola asuh yang diterapkan oleh orang tua sehingga perilaku sosial remaja dapat terbentuk dengan baik.
Downloads
References
Ahmad Khairi, M. H., Mazlan, S. A., Ubaidillah, Ku Ahmad, K. Z., Choi, S.-B., Abdul Aziz, S. A., & Yunus, N. A. (2017). The field-dependent complex modulus of magnetorheological elastomers consisting of sucrose acetate isobutyrate ester. Journal of Intelligent Material Systems and Structures, 28(14), 1993–2004.
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102–122.
Djamarah, S. B. (2014). Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga. Jakarta: Rineka Cipta, 112.
Domino, P. (n.d.). Pola Asuh Orang Tua Dengan Menggunakan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Dalam Keluarga di Manggarai, NTT.
Farida, A. (2014). Pilar-Pilar Pembangunan Karakter Remaja. Bandung: Nuansa Cendekia.
Hashemi, M. (2011). Language stress and anxiety among the English language learners. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 30, 1811–1816.Hildayani, R., Sugianto, M., Tarigan, R., & Handayani, E. (2014). Psikologi perkembangan anak.
Hoskins, D. H. (2014). Consequences of parenting on adolescent outcomes. Societies, 4(3), 506–531.
Hurlock, E. B. (2004). Developmental Psychology: Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga, Terjemahan.
Kemenkes. (2014). Infodatin Reproduksi Remaja. Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Retrieved from https://www.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin reproduksi remaja-ed.pdf
Khamen, A. B. Z., & AhmadiGatab, T. (2011). Parenting style and self-assertiveness: effects of a training program on self-assertiveness of Iranian high school girls. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 30, 1945–1950.
Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi, 10(2), 103–114.
Muhlisin, Z. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Kenakalan Remaja di SMK Negeri 1 Temon Kabupaten Kulonprogo DI Yogyakarta. STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.
Rosyidi, H. (2012). Psikologi Kepribadian: Paradigma Psikoanalisa. Jaudar Press.
Sapara, M. M., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Dampak lingkungan sosial terhadap perubahan perilaku remaja perempuan di desa ammat kecamatan tampan’amma kabupaten kepulauan talaud. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.
Seifi, M. (2016). The effects of parenting styles on students’ self-efficacy. International Journal of Humanities and Cultural Studies (IJHCS) ISSN 2356-5926, 1(1), 2193–2200.
Sharif, Z., & Mohamad Roslan, N. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi remaja terlibat dalam masalah sosial di Sekolah Tunas Bakti, Sungai Lereh, Melaka. Journal of Education Psychology & Counseling, 1(7), 115–140.
Sutarna, N. (2016). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar dalam Perspektif Islam. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Wijayanti, T., Hidayah, N., & Retnowati, L. (2018). Perkembangan Perilaku Sosial Remaja Di Panti Asuhan. Hospital Majapahit (Jurnal Ilmiah Kesehatan Politeknik Kesehatan Majapahit Mojokerto), 10(2).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Akbar Nur, I Kadek Dwi Swarjana, Rimahyanti Muti, Dewarawati Patandean, Abd Rahman Nurul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.