Overview of the Quality of Health Services in the Inpatient Room of Anutapura Hospital, Palu
Gambaran Kualitas Pelayanan Kesehatan di Ruang Rawat Inap RSU Anutapura Palu
Keywords:
Kualitas Pelayanan KesehatanAbstract
Rumah Sakit Umum Anutapura Palu merupakan rumah sakit tipe B, milik Pemerintah Kota Palu dan merupakan rumah sakit rujukan untuk wilayah Palu dan sekitarnya. Rumah sakit umum mempunyai misi memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di ruang rawat inap RSU Anutapura Palu. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi sebanyak 409 orang, jumlah sampel 202 responden dengan metode Accidental Sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit Anutapura Palu adalah baik, yaitu dimensi kehandalan pelayanan sebesar 80,2%, daya tanggap pelayanan sebesar 74,3%, jaminan pelayanan sebesar 77,2%, perhatian pelayanan sebesar 72,8% dan penampilan pelayanan sebesar 72,8%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tanggapan pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan di ruang rawat inap RSU Anutapura Palu dalam ketegori baik. Diharapkan kepada pihak rumah sakit, khususnya di ruang rawat inap, agar petugas kesehatan dapat meningkatkan kinerja dalam melayani pasien. Selain itu, pihak rumah sakit agar lebih memperhatikan fasilitas yang ada di ruangan, seperti kebersihan kamar mandi, fasilititas AC atau kipas angin, serta kenyamanan di ruangan serta kebersihan di ruangan agar lebih ditingkatkan lagi
Downloads
References
2. Y. Gaur, S.S., Xu and A. Quazi, “Relational Impact of Service Providers’ Interaction Behavior in Health Care,” Manag. Serv. Qual. Vol. 21 No. 1, pp. 67-87., vol. 21, no. 1, pp. 67–87, 2011.
3. F. Jasfar, Manajemen Jasa, pendekatan terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2005.
4. D. Zulfiana, Sofa dan Ernawati, “Pasien Dengan Kualitas Pelayanan : Persepsi Pasien Pelayanan Rawat Inap RSUD Majene Tahun 2014,” Academia, vol. 1, no. 3, 2014.
5. K. Khainuddin, H. Kusmanto, and I. Isnaini, “Analisis Kualitas Pelayanan Publik Rawat Inap Pada Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam,” Strukt. J. Ilm. Magister Adm. Publik, vol. 1, no. 1, pp. 22–31, 2019.
6. A. R. Lakmi, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Rumah Sakit Umum Daerah Badung,” J. Kualitas Pelayanan, vol. 51, no. 1, p. 51, 2018.
7. Anggarawati, “Kepentingan Bersama Perawat-Dokter Dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan,” J. Ilm. Kesehat. Keperawatan, vol. 12, no. 1, pp. 44–54, 2016.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Linda Nur Sipatu Sipatu, Moh.Fadli Dg.Patompo, I Wayan Supetran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.