Overview of the Quality of Health Services in the Inpatient Room of Anutapura Hospital, Palu

Gambaran Kualitas Pelayanan Kesehatan di Ruang Rawat Inap RSU Anutapura Palu

https://doi.org/10.33860/lnj.v2i1.834

Authors

  • Lindanur Sipatu a:1:{s:5:"en_US";s:23:"poltekkes kemenkes palu";}
  • Moh.Fadli Dg.Patompo poltekkes kemenkes palu
  • I Wayan Supetran poltekkes kemenkes palu

Keywords:

Kualitas Pelayanan Kesehatan

Abstract

Rumah Sakit Umum Anutapura Palu merupakan rumah sakit tipe B, milik Pemerintah Kota Palu dan merupakan rumah sakit rujukan untuk wilayah Palu dan sekitarnya. Rumah sakit umum mempunyai misi memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di ruang rawat inap RSU Anutapura Palu. Jenis penelitian  adalah deskriptif. Populasi sebanyak 409 orang, jumlah sampel 202 responden dengan metode Accidental Sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat distribusi frekuensi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit Anutapura Palu adalah baik, yaitu dimensi kehandalan pelayanan sebesar 80,2%, daya tanggap pelayanan sebesar 74,3%, jaminan pelayanan sebesar 77,2%,  perhatian pelayanan sebesar 72,8% dan penampilan pelayanan sebesar 72,8%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tanggapan pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan di ruang rawat inap RSU Anutapura Palu dalam ketegori baik. Diharapkan kepada pihak rumah sakit, khususnya di ruang rawat inap, agar petugas kesehatan  dapat meningkatkan  kinerja dalam  melayani pasien. Selain itu, pihak rumah sakit agar lebih memperhatikan fasilitas yang ada di ruangan, seperti kebersihan kamar mandi, fasilititas AC atau kipas angin, serta kenyamanan di ruangan serta kebersihan di ruangan agar lebih ditingkatkan lagi

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. S. Herlambang, Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2016.
2. Y. Gaur, S.S., Xu and A. Quazi, “Relational Impact of Service Providers’ Interaction Behavior in Health Care,” Manag. Serv. Qual. Vol. 21 No. 1, pp. 67-87., vol. 21, no. 1, pp. 67–87, 2011.
3. F. Jasfar, Manajemen Jasa, pendekatan terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2005.
4. D. Zulfiana, Sofa dan Ernawati, “Pasien Dengan Kualitas Pelayanan : Persepsi Pasien Pelayanan Rawat Inap RSUD Majene Tahun 2014,” Academia, vol. 1, no. 3, 2014.
5. K. Khainuddin, H. Kusmanto, and I. Isnaini, “Analisis Kualitas Pelayanan Publik Rawat Inap Pada Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam,” Strukt. J. Ilm. Magister Adm. Publik, vol. 1, no. 1, pp. 22–31, 2019.
6. A. R. Lakmi, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Rumah Sakit Umum Daerah Badung,” J. Kualitas Pelayanan, vol. 51, no. 1, p. 51, 2018.
7. Anggarawati, “Kepentingan Bersama Perawat-Dokter Dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan,” J. Ilm. Kesehat. Keperawatan, vol. 12, no. 1, pp. 44–54, 2016.

Published

2022-01-15

How to Cite

Sipatu, L., Moh.Fadli Dg.Patompo, & I Wayan Supetran. (2022). Overview of the Quality of Health Services in the Inpatient Room of Anutapura Hospital, Palu : Gambaran Kualitas Pelayanan Kesehatan di Ruang Rawat Inap RSU Anutapura Palu. Lentora Nursing Journal, 2(1), 20–24. https://doi.org/10.33860/lnj.v2i1.834

Issue

Section

Original Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.