Kelas Ibu Hamil Bernuansa Islami dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Janin

Islamic Class for Pregnant Women in an Effort to Improve Maternal and Fetal Health

https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i4.1197

Authors

  • Dewi Andariya Ningsih Prodi S1 Kebidanan, Universitas Ibrahimy, Situbondo, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-1268-2603
  • Umi Nur Kholifah Prodi S1 Kebidanan, Universitas Ibrahimy, Situbondo, Indonesia
  • Susiana Prodi S1 Kebidanan, Universitas Ibrahimy, Situbondo, Indonesia
  • Silaturrohmih Prodi S1 Kebidanan, Universitas Ibrahimy, Situbondo, Indonesia
  • Siti Hilmi Musyarrofah Prodi S1 Kebidanan, Universitas Ibrahimy, Situbondo, Indonesia
  • Siti Nurhidayati Prodi S1 Kebidanan, Universitas Ibrahimy, Situbondo, Indonesia

Keywords:

ibu hamil, islami, kesehatan ibu dan janin

Abstract

The increasing number of reproductive ages undergoing pregnancy becomes important to pay attention to the health of the mother and fetus so that there is a need for class activities for pregnant women with Islamic nuances. This activity aims to improve the knowledge and skills of pregnant women in the fields of pregnancy, antenatal care, childbirth, postpartum care, baby care, myths, infectious diseases and birth certificates. The target is all pregnant women in Sumberejo village. The expected benefits of class activities for pregnant women include increasing knowledge and skills of mothers from prenatal care to baby care, and building friendships between pregnant women. women and health professionals. It is included. The method used in this activity consists of brainstorming, lectures, video screenings, and demonstrations. In each meeting, Islamic information is affixed regarding the theme raised at each meeting. Participants in the activity are all pregnant women, a maximum of 10 people in each implementation. Speakers at the event included a team of village midwives, students, and a team of lecturers from the Midwifery Faculty of Health Sciences, Ibrahimy University. The results of these activities include all pregnant women who attended the event, it can be seen from the attendance sheet and active pregnant women in the meeting.

ABSTRAK

Semakin banyaknya usia reproduktif menjalani masa kehamilan menjadi penting untuk memperhatikan kesejahteraan kesehatan ibu dan janin sehingga diperlukan adanya kegiatan kelas ibu hamil yang bernuansa Islami. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu hamil di bidang kehamilan, pemeriksaan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi, mitos, penyakit menular dan akta kelahiran. Sasarannya adalah seluruh ibu hamil di desa Sumberejo. Manfaat yang diharapkan dari kegiatan kelas ibu hamil antara lain meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu dari perawatan prenatal hingga perawatan bayi, dan membangun persahabatan antar ibu hamil. wanita dan profesional kesehatan. Hal ini disertakan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini terdiri dari brainstorming, ceramah, pemutaran video, dan demonstrasi. Disetiap pertemuan di bubuhkan informasi islami terkait tema yang diangkat di setiap pertemuannya. Peserta kegiatan seluruh ibu hamil maksimal 10 rang disetiap pelaksanaan. Pembicara dalam acara tersebut antara lain tim bidan desa, mahasiswa, dan tim dosen Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ibrahimy. Hasil dari kegiatan tersebut meliputi seluruh ibu hamil yang hadir pada acara tersebut, terlihat dari lembar kehadiran dan ibu hamil aktif dalam pertemuan tersebut.

References

Chol, C., Hunter, C., Debru, B., Haile, B., Negin, J., & Cumming, R. G. (2018). Stakeholders’ perspectives on facilitators of and barriers to the utilisation of and access to maternal health services in Eritrea: A qualitative study. BMC Pregnancy and Childbirth, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12884-018-1665-9

Dewi Andariya Ningsih. (2015). Partnership Dalam Pelayanan Kebidanan. Proceeding Book. https://www.academia.edu/36686696/Penerapan_Partnership_Dalam_Pelayanan_Kebidanan_pdf

Dewik, Palandeng, H., & Ottay, R. (2013). Gambaran Pengetahuan Tenaga Kesehatan Tentang Antenatal care Di Puskesmas Ranomuut Kota Manado. Jurnal E-Biomedik (EBM), 1(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/ebiomedik/article/view/3261

Girirajan, S., Campbell, C., & Eichler, E. (2011). The Effects of Women’s Education on Maternal Health: Evidence from Peru. Physiology & Behavior, 176(5), 139–148. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2017.03.004.The

Istri Bartini. (2012). Asuhan Kebidanan Pada Ibu Lahir Normal. Yogyakarta: Nuha Medika. https://onesearch.id/Record/IOS3420.slims-57414

Kemenkes. (2011). Pedoman kelas Ibu Hamil. jakarta: Kemenkes. http://stikesyahoedsmg.ac.id/web/media/ebookbidan/Pedoman%20Pelaksanaan%20Kelas%20Ibu%20Hamil.pdf

Kilfoyle, K. A., Vitko, M., O’Conor, R., & Bailey, S. C. (2016). Health Literacy and Women’s Reproductive Health: A Systematic Review. Journal of Women’s Health, 25(12), 1237–1255. https://doi.org/10.1089/jwh.2016.5810

Kusbandiyah, J. (2013). Analisis Implementasi Program Kelas Ibu Hamil oleh Bidan Puskesmas di Kota Malang. Media Husada. 2(1). 35. https://ojs.widyagamahusada.ac.id/index.php/JIK/article/view/94

Labir, I. K., Widarsa, T., Suwiyoga, K., Labir, I. K., Widarsa, T., & Suwiyoga, K. (2013). Anemia ibu hamil trimester I dan II meningkatkan risiko kejadian berat bayi lahir rendah di RSUD Wangaya Denpasar. Public Health and Preventive Medicine Archive, 1. http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/6075/

Mockenhaupt, F. P., Bedu-addo, G., Junge, C., Hommerich, L., Eggelte, T. A., Bienzle, U., Murai, K., Culleton, R., Hisaoka, T., Endo, H., Mita, T., Ndiaye, D., Dieye, B., Ndiaye, Y. D., Tyne, D. Van, Daniels, R., Bei, A. K., Mbaye, A., Valim, C., … Maji, A. K. (2015). Prevalence of Anaemia among Pregnant Women at Booking in the University of Uyo Teaching Hospital, Uyo, Nigeria. Malaria Journal, 3(1), 1–8. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4055238/

Ni Ketut Nopi Widiantari. (2015). Hubungan Karakteristik Ibu dan Dukungan Sosial Suami dengan Partisipasi ibu Mengikuti kelas Ibu hamil di Kota Denpasar. Universitas Udayana. https://www.researchgate.net/publication/332347498_Hubungan_Karakteristik_Sosio_Demografi_dan_Dukungan_Sosial_Suami_dengan_Partisipasi_Ibu_Mengikuti_Kelas_Ibu_Hamil/fulltext/5caf398a299bf120975de0c2/Hubungan-Karakteristik-Sosio-Demografi-dan-Dukungan-Sosial-Suami-dengan-Partisipasi-Ibu-Mengikuti-Kelas-Ibu-Hamil.pdf

Ningsih, D. A. (2015). Perbedaan Hypermesis gravidarum Sebelum dan Sesudah mengkonsumsi minuman jahe. Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan, II(2), 111–118. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/oksitosin/article/view/431

Ningsih, D. A. (2017). Continuity of Care Kebidanan. OKSITOSIN : Jurnal Ilmiah Kebidanan, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.35316/oksitosin.v4i2.362

Ningsih, D. A. (2020). Pengembangan Modul “Peduli Ibu Hamil” Di Desa Sumberejo Banyuputih Situbondo. JOMIS (Journal of Midwifery Science), 4, 55–62. http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/jomis/article/view/1073

Ningsih, D. A. (2021a). Midwifery Women Center Care Pada Masa Nifas dalam Buku Asuhan Kebidanan Pada Masa Pandemi Covid-19 (P. Qorinah Estiningtyas Sakilah Adnani, M.Keb & D. R. Pangestuti (eds.)). CV Penulis Cerdas Indonesia. https://drive.google.com/file/d/18SXFDo5VC58S6HNoVTghykHXh8dHROQN/view?usp=sharing

Ningsih, D. A. (2021b). Penerapan Modul Abah Umi “Mahir Merawat” untuk Deteksi Faktor Risiko BBLR terhadap Pengetahuan Ibu Hamil. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12(1), 91–96. https://ejr.stikesmuhkudus.ac.id/index.php/jikk/article/view/884/585

Ningsih, D. A., & Sakinah, I. (2021). The Effect of Development of a Psychoeducation Guidebook in the Management on Postpartum Depression Symptoms. International Journal of Nursing and Health Services (IJNHS), 4(3), 266–276. https://doi.org/10.35654/ijnhs.v4i3.440

Permatasari, T. A. E., Rizqiya, F., Kusumaningati, W., Suryaalamsah, I. I., & Hermiwahyoeni, Z. (2021). The effect of nutrition and reproductive health education of pregnant women in Indonesia using quasi experimental study. BMC Pregnancy and Childbirth, 21(1), 1–15. https://doi.org/10.1186/s12884-021-03676-x

Puspitasari, L. (2012). Gambaran Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1, 1054–1060. https://www.neliti.com/id/publications/18829/gambaran-pelaksanaan-kelas-ibu-hamil-di-puskesmas-bangetayu-kota-semarang

Smith, & Greenaway, E. (2013). Maternal reading skills and child mortality in Nigeria: a reassessment of why education matters. Pubmed, 50(5), 1551–1561. https://doi.org/10.1007/s13524-013-0209-1.

Published

2022-10-31

How to Cite

Ningsih, D. A., Kholifah, U. N. ., Susiana, S., Silaturrohmih, S., Musyarrofah, S. H. ., & Nurhidayati , S. . (2022). Kelas Ibu Hamil Bernuansa Islami dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Janin: Islamic Class for Pregnant Women in an Effort to Improve Maternal and Fetal Health. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 732–739. https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i4.1197

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.