Gambaran Kelelahan Kerja Karyawan PT Paving Meriba Jaya Kelurahan Tavanjuka Kota Palu

https://doi.org/10.33860/bjkl.v1i1.425

Authors

Keywords:

Kesehatan kerja, kelelahan kerja

Abstract

Kelelahan kerja merupakan salah satu permasalahan keselamatan dan kesehatan kerja yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kecelakaan kerja dan dapat berdampak terhadap penurunan produktivitas kerja dan penurunan konsentrasi kerja. Di Kota Palu terdapat tiga Pabrik Paving Yaitu PT. Supplier Paving Batako Press Kanstin, PT. Watu Meriba Jaya, dan PT. Batu Split Palu. PT. Watu Meriba Jaya memiliki jumlah pekerja dengan jumlah total pekerja 38 orang yang terbagi pada divisi pencampuran, pencetakan, pengeringan, inising (penghalusan produk), serta pembuatan behel dan driver. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya Gambaran kelelahan kerja karyawan di PT. Watu Meriba Jaya Kelurahan Tavanjuka Kota Palu. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan. Sampel penelitian ini adalah 38 karyawan. Data diolah dengan Analisa Univariate untuk menampilkan gambaran kelelahan kerja karyawan PT.Watu Meriba Jaya Tavanjuka Kota palu dan disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masa kerja terbanyak adalah masa kerja baru 32 orang (84,2%). status gizi terbanyak adalah status gizi normal 33 orang (86,8%) . Divisi kerja terbanyak yaitu percetakan 15 orang (39,5%)tingkat kelelahan tertinggi dengan kelelahan kerja terbanyak yaitu kelelahan kerja ringan 27 pekerja (71,1%) Diharapkan bagi pekerja yang terkait yang dapat menyebabkan kelelahan, agar mematuhi segalah aturan yang telah di tetapkan oleh perusahaan.

Kata Kunci      : Kelelahan kerja

References

Widjasena B, Ekawati E. Hubungan Beban Kerja Fisik Manual Dan Iklim Kerja Terhadap Kelelahan Pekerja Konstruksi Bagian Project Renovasi Workshop Mekanik. J Kesehat Masy. 2016;4(3):425–35.

Husna AF. Hubungan antara tingkat pendidikan, pengetahuan dan sikap pekerja terhadap praktik penggunaan alat pelindung pernafasan (masker) pada bagian produksi PT. Pabrik Gula Kebon Agung. J Chem Inf Model. 2016;53(9):1689–99.

Latief AWL. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pegawai PT PLN (Persero) Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat. Universitas Hasanuddin; 2017.

Roshadi I. Hubungan Kelelahan Kerja Dengan Produktivitas Kerja Karyawan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga; 2014.

Husni L. Pengantar Hukum Ketenagakerjaan. Jakarta: Rajawali Press; 2015.

Anizar. Teknik Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Industri. Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2012. 86–105 p.

Eraliesa F. Hubungan Faktor Individu Dengan Kelelahan Kerja Pada Tenaga Kerja Bongkar Muat Di Pelabuhan Tapaktuan Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara; 2009.

Badan Pusat Statistik. Keadaan Angkatan Kerja di Indonesia Agustus 2018. Jakarta; 2018.

Medianto D. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang; 2017.

Mahardika P. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Pengisian Tabung Depot LPG PT. Pertamina (Persero) MOR VII Makassar. Universitas Hasanuddin; 2017.

Suma’mur. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hiperkes). Jakarta: CV. Sagung Seto; 2009.

Dewi BM. Hubungan Antara Motivasi, Beban Kerja, Dan Lingkungan Kerja Dengan Kelelahan Kerja. Indones J Occup Saf Heal. 2018;7(1):20.

Windyananti A. Hubungan Antara Kelelahan Kerja Dengan Stress Kerja Pada Tenaga Kerja di Pengolahan Kayu Lapis Wreksa Rahayu Boyolali. Universitas Sebelas Maret Surakarta; 2010.

Atiqoh J, Wahyuni I, Lestantyo D. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kelelahan Kerja pada Pekerja Konveksi Bagian Penjahitan di CV. Aneka Garment Gunungpati Semarang. J Kesehat Masy Univ Diponegoro. 2014;2(2):119–26.

Bültmann U, Kant I, Kasl S V., Beurskens AJHM, Van Den Brandt PA. Fatigue and psychological distress in the working population psychometrics, prevalence, and correlates. J Psychosom Res. 2002 Jun 1;52(6):445–52.

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles