Pengaruh Edukasi terhadap Pengetahuan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa SMA di Palu
The Influence of Education on Knowledge about Clean and Healthy Living Behavior in Palu Senior High School Students
Keywords:
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Edukasi Kesehatan, Pengetahuan, Siswa SMAAbstract
Latar Belakang: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan perilaku kesehatan yang dilakukan atas dasar kesadaran untuk menolong diri sendiri dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengetahuan PHBS pada siswa sebelum dan setelah diberikan edukasi kesehatan.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan pendekatan one-group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan pada 5 September 2022 di SMA Karya Bakti Mamboro dengan sampel 37 siswa yang dipilih menggunakan teknik proportional sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner pengetahuan PHBS. Data dianalisis secara univariat dan uji paired t-test untuk menguji perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah intervensi.
Hasil: Hasil uji paired t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pengetahuan PHBS sebelum dan setelah intervensi (p-value = 0,000). Nilai rata-rata pengetahuan setelah intervensi (82,4 ± 8,7) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan sebelum intervensi (65,2 ± 10,3).
Kesimpulan: Edukasi kesehatan efektif dalam meningkatkan pengetahuan PHBS pada siswa SMA Karya Bakti Mamboro. Disarankan bagi sekolah untuk menjadikan edukasi PHBS sebagai program berkelanjutan, dan bagi peneliti berikutnya untuk mengeksplorasi variabel lain seperti sikap dan praktik PHBS dengan desain penelitian yang lebih komprehensif.
Downloads
References
Ajzen, I. (2020). Perceived behavioral control, self-efficacy, locus of control, and the theory of planned behavior. Journal of Applied Social Psychology
Brown, H., et al. (2022). School-based health interventions in rural areas: A systematic review. Journal of School Health
CDC. (2022). School Health Guidelines to Promote Healthy Eating and Physical Activity
Davis, R., et al. (2021). Mixed-methods in school health research. Health Education Research
Glanz, K., et al. (2018). Health Behavior: Theory, Research, and Practice (6th ed.)
Glanz, K., Rimer, B. K., & Viswanath, K. (2015). Health behavior: Theory, research, and practice (5th ed.). Jossey-Bass.
Kementerian Kesehatan RI. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kementerian Kesehatan RI. (2016). Strategi Nasional PHBS dalam Rangka Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kim, S., & Park, M. (2022). Institutional support in school health programs. Journal of Adolescent Health
Nguyen, T., et al. (2022). Participatory learning methods in health education. Health Education Journal
Notoatmodjo, S. (2018). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
Patel, V., et al. (2022). Health determinants among adolescents in island areas. Global Health Research
Prasetyo, Y., et al. (2022). Effectiveness of structured health education in adolescents. Indonesian Journal of Public Health
Pratama, R. A., & Wijaya, S. (2021). Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Metode Ceramah dan Demonstrasi terhadap Pengetahuan dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 15(2), 123-130.
Sari, D. P., Utami, F. W., & Lestari, R. (2020). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan terhadap Tingkat Pengetahuan PHBS di Kalangan Siswa SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health, 8(1), 78-85.
Sari, N. P., & Pratiwi, R. D. (2022). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa SMA di Kota Bandung. Jurnal Kesehatan masyarakat Nasional, 17(1), 45-56.
Susanto, T., et al. (2021). Contextual approach in school health promotion. Health Promotion International
Thompson, S., et al. (2022). Meta-analysis of school-based health interventions. Preventive Medicine
WHO. (2022). Health Promoting Schools: A Framework for Action
Wilson, K., et al. (2021). Personalized approaches in school health education. Journal of School Nursing
World Health Organization. (2021). Global standards for health promoting schools and their implementation guidance. WHO.
Yanti, L., & Ferdiansyah, M. (2023). Efektivitas Intervensi Pendidikan Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap PHBS pada Remaja: Systematic Review. Jurnal Ilmu Kesehatan, 12(1), 89-102.
Zahra, F., & Hidayat, R. (2022). Pengaruh Metode Edukasi Audio Visual terhadap Peningkatan Pengetahuan PHBS pada Siswa Sekolah Menengah. Journal of Health Education, 7(2), 156-165.
Zhang, L., & Lee, R. (2021). HBM-based interventions in Southeast Asia. Asian Journal of Health Sciences
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Nurfadila Nurfadila, Baiq Emy Nurmalisa, Rina Tampake

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






