The Effect of Providing Education on Changes in Blood Pressure in the Elderly with Hypertension
Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi
Keywords:
Edukasi, Hipertensi, Lansia, Tekanan DarahAbstract
Latar Belakang: Prevalensi hipertensi di dunia menurut WHO sebesar 22% penduduk mengalami hipertensi pada tahun 2014 dan diperkirakan jumlahnya akan terus meningkat menjadi 29,2% pada tahun 2025. Hipertensi merupakan masalah yang sering dihadapi oleh lansia dengan prevalensi mencapai 60-80%. Seiring dengan bertambah usia maka dapat meningkatkan resiko terjadinya peningkatan tekanan darah. Salah satu cara untuk mengatasi masalah hipertensi adalah pemberian Pendidikan kesehatan atau edukasi tentang hipertensi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian edukasi terhadap perubahan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Metode: Penelitian ini dilaksanakan selama 4 minggu dengan menggunakan desain pre experimental pendekatan one group pretest-posttest design dengan 21 lansia yang didiagnosis hipertensi dan dipilih secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi hasil pengukuran tekanan darah yang dilakukan sebelum dan sesudah pemberian edukasi hipertensi. Hasil: Hasil Paired T Test menunjukkan terjadi penurunan tekanan darah sistolik dengan nilai P=0,005 (p<0,05), tekanan darah diastolik dengan nilai P=0,023 (p<0,05). Kesimpulan: Perubahan tekanan darah dapat dipengaruhi dengan pemberian edukasi terhadap lansia
Downloads
References
Anggara, F. H., & Prayitno, N. (2013). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tekanan darah di Puskesmas Telaga Murni, Cikarang Barat Tahun 2012. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 5(1), 20–25.
Ferry Efendi, M. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas: teori dan praktik dalam keperawatan. Ferry Efendi.
Joyce, B., & Hawk, J. H. (2014). Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta, Elsavier.
Kementrian Kesehatan RI. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018.
LeMone, P., Burke, K. M., & Bauldoff, G. (2015). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: EGC.
Martono, H. H., & Pranarka, K. (2011). Buku Ajar Boedhi-Darmojo Geriatri (Ilmu Kesehatan Usia Lanjut) Edisi 4 cetakan ke-3. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Notoadmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Potter Patricia, A., & Perry Anne, G. (2010). Fundamental Keperawatan Edisi 7 Buku 1. Jakarta: Salemba Medika.
Pranoto, A. (2015). Pengaruh Program Edukasi Hipertensi terhadap Penatalaksanaan Diet Rendah Natrium dan Kolesterol pada Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Kasihan 1 Bantul Yogyakarta. Diakses Dari Http://thesis. Umy. Ac. id/datapublik/t53044. Pdf.
Purwanto, H. (2006). Pengantar perilaku manusia untuk keperawatan. Jakarta: EGC.
Putri, R. A. (2012). Analisis efektivitas pemberian konseling dan pemasangan poster terhadap tingkat kepatuhan dan nilai tekanan daearh pasien hipertensi di Puskesmas Bakti Jaya kota Depok. Jakarta: Universitas Indonesia.
Solon, M., Putri, O. L., & Naing, P. M. (2018). Pengaruh Edukasi Dengan Pendekatan Teori Model Behavioral System Dorothy E. Johnson Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Mitrasehat, 8(1), 110–117.
Veronika, N., Nuraeni, A., & Supriyono, M. (2017). Efektifitas Pelaksanaan Pendampingan oleh Kader Dalam Pengaturan Diet Rendah Garam Terhadap Kestabilan Tekanan Darah Lansia Dengan Hipertensi di Kelurahan Purwoyoso Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 9(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Risna Damayanti, Syamsyuryana Sabar, Ayu Lestari, Nurarifah Nurarifah, Sukmawati sukmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.